Amien Rais Meminta Muhammadiyah Miliki Pegangan Dalam Berpolitik

0
443

PURBALINGGA – Salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) dan juga Mantan Ketua umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Dr. Amien Rais, MA, menyatakan hanya PAN-lah partai yang menjadi representasi warga Muhammadiyah. Ia tidak setuju jika ada pimpinan ormas Islam itu mempersilakan anggotanya memilih partai lain. Apalagi dengan alasan semua partai sama. ”Saya kira itu tidak tepat. Kalau semua partai sama, mengapa ada partai merah, biru, hijau, kuning. Sebagai pimpinan, harusnya mengarahkan pilihannya,” kritik Amien Rais di sela-sela acara peletakan batu pertama pembangunan gedung SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga di Kelurahan Bojong, beberapa waktu lalu.
Amien mengingatkan, partai yang paling perhatian dan dekat dengan Muhammadiyah adalah PAN. Kalau ada partai apa pun maka hanya PAN yang menjadi partai warga Muhammadiyah.
Menyalurkan Aspirasi
Amien meminta Muhammadiyah bisa memiliki sebuah pegangan dalam berpolitik. Karena selama ini PAN adalah tempat untuk menyalurkan aspirasi warga. ”Kalau Muhammadiyah tidak ada cantolan politik maka kita seperti anak yatim. Mau apa-apa minta tolong ke partai A, partai B. Muhammadiyah jelas harus ke PAN,” tegas Amien Rais.
Amien menambahkan, setelah Muhammadiyah melahirkan PAN maka kadernya bisa menduduki jabatan mendiknas tiga kali berturut-turut, yakni Yahya Muhaimin, Malik Fajar dan Bambang Sudibyo. ”Dengan standar politik seperti itu maka Muhammadiyah bisa lebih mengamankan kepentingannya. Seperti membuat rumah sakit, apotek lebih mudah karena kita mempunyai cantolan di pusat,” ujar Amien.
Amien menegaskan, kalau PAN bisa menempati nomor empat perolehan suara maka bisa berbuat banyak. Selama tiga kali pemilu berturut-turut PAN menempati urutan kelima terus.
Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan menambahkan, tanpa Muhammadiyah, PAN tidak akan ada. Tidak ada Amien Rais, Hatta Rajasa, maupun Taufik Kurniawan. ”Saya tidak akan jadi Sekjen DPP PAN kalau tidak ada Muhammadiyah,” tegas Taufik.(F10-90/suaramerdeka/Fakhrudin)