800 Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Laksanakan Bhakti Sosial Bersama Bupati

0
1080

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR  – Pendidikan karakter yang diberikan di sekolah-sekolah akan lebih mengena dan dilihat hasilnya apabila selain teori juga diaplikasikan dalam bentuk kegiataan nyata. Bertempat di Dusun Gondang, Kelurahan Gondangmanis, Kecamatan Karangpandan sekitar 800 siswa/siwi kelas X dan XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar mengadakan kegiatan “Bhakti Sosial” selama enam hari mulai 17 Juli s/d. 22 Juli 2017 berturut-turut tinggal dan menyatu dalam kehidupan masyarakat desa.

Bhakti sosial siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dibuka secara resmi oleh Bupati Karanganyar Juliyatomono yang hadir didampingi beberapa pejabat Kabupaten, Forkompinca Karangapandan, Perangkat Desa Gondangmanis. Selain itu hadir pula guru dan siswa/siswi peserta bhkati sosial yang dipimpin langsung Kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Munfarid, adapun dari warga selain 110 pemilik rumah yang menjadi tempat tinggal siswa peserta bhakti sosial juga warga lain yang tidak ketempatan. Siswa/siswi SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar sejumlah 800 anak tersebut diserahkan kepada masyarakat yang diwakili  Kepala Desa Gondangmanis Sugito, selanjutnya melaksanakan bhakti sosial dengan cara  tinggal hidup berinteraksi dengan kegiatan warga desa setempat.

Dalam sambutannya Bupati Karanganyar Juliyatmono memberikan apresiasi atas kegiatan bhakti sosial oleh siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. “Saya memberikan apresiasi kegiatan ini yang mewujudkan jiwa sosial dengan berinteraksi sekaligus menggembleng diri terjun langsung bermasyarakat” kata Juliyatmono yang juga pernah menjadi guru pada SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar sebelum terjun ke dunia politik praktis.

Sementara itu Kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Munfarid, dalam sambutannya menyampaikan jika kegiatan bhakti sosial ini sudah menjadi rutinitas bertahun-tahun “ini sudah rutin kita laksanakan hanya saja untuk tahun ini berubah waktu pelaksanaanya pada awal tahun ajaran baru dan tahun ini diikuti sekaligus bersamaan oleh siwa kelas X dan XI”.

Munfarid berharap dengan kegiatan bhakti sosial seperti ini bisa merubah karakter anak didiknya menjadi terbiasa hidup berbaur dengan keluarga lain yang bisa menimbulkan rasa saling menghormati, membiasakan disiplin waktu dengan tertib ibadah sekaligus membiasakan menghormati orang tua yang ditinggali menjadi tempat kegiatan. “Anak-anak harus berubah karakternya ketika terbiasa hidup dirumah sendiri bersama orangtuanya, disini harus bisa menampilkan kepribadian yang baik dan itu harus dibiasakan dimanapun” kata Munfarid.

Kegiatan bhakti sosial siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dilaksanakan bersamaan dengan dilaksanakannya kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Likungan Sekolah, Red.) bagi siswa baru tahun ajaran 2017/2018 di sekolah yang pelaksanaanya dihandle secara langsung oleh guru-guru sekolah setempat, harapannya disaat guru dan siswa baru ada kegiatan demikian pula siswa kelas X dan XI juga melakukan kegiatan lainnya. (MPI PDM Kra – JOe/DwiGenk).