145 Siswa SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta Lakukan Simulasi UNKB

0
813

PWMJATENG.COM, SOLO – Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta dilakukan selama dua hari, Senin sampai selasa atau 27 februari hingga 28 Februari 2017.

Kegiatan simulasi yang dijadwalkan langsung dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Pusat Penilaian Pendidikan ini, di SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta diikuti sejumlah 145 siswa dengan dikelompokkan menjadi 3 sesi.

Dalam simulasi selama dua hari ini, siswa mengerjakan soal matematika dengan jumlah 40 soal dan bahasa inggris sejumlah 50 soalyang tentunya soal berbasis komputer ini sudah dipersiapkan dan di download terlebih dahulu dari  Kemendikbud dipindah ke server SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta. Sehingga penyelenggaraan UNBK nanti juga menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Tujuan SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta mengikuti simulasi ke dua ini tentunya untuk melihat sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam UNBK nanti terutama computer maupun daya listrik yang dipakai, disamping itu juga membiasakan siswa untuk dapat mengerjakan soal UNBK dengan lebih baik, sehingga dalam simulasi ini diupayakan seperti ujian nantinya dibulan Mei. (hermawan)