1.652 Utusan tentukan calon Pimpinan Muhammadiyah Jateng

0
314

Purworejo–Sebanyak 1.652 utusan dari pengurus ranting, cabang, daerah, dan Pengurus Harian Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah akan menentukan pimpinan wilayah periode 2010-2015, di Purworejo.

Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng Tafsir, di Purworejo, Sabtu (9/10), mengatakan Sabtu malam, akan dilakukan pemilihan pimpinan wilayah dari 39 calon pimpinan hasil Muspimwil Muhammadiyah Jateng, di Gedung Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan Minggu (26/9).

Muswil Muhammadiyah Jateng dibuka Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin di Gedung Olahraga WR Soepratman di Purworejo Jumat (9/10). Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Purworejo Mahsun Zain dan Gubernur Jateng Bibit Waluyo.

Ia mengatakan, sejumlah utusan tersebut antara lain dari 35 daerah dan 524 cabang. Jumlah utusan dari setiap cabang tidak sama tergantung jumlah ranting di cabang masing-masing.

Menurut dia dari 39 calon pimpinan akan dipilih sepertiganya atau 13 formatur pengurus yang nantinya mereka yang akan memilih ketua pimpinan wilayah dan tidak harus peraih suara terbanyak dari ke-13 calon tersebut.

Ketua PW Muhammadiyah Jateng periode 2005-2010 Marpuji Ali mengatakan persoalan paling mendasar dan harus mendapat perhatian serius adalah bagaimana PW Muhammadiyah Jateng periode 2010-2015 mampu meningkatkan kapasitas rakyat miskin melalui optimalisasi pemberdayaan cabang dan ranting.

Selain itu, katanya, bekerja secara sungguh-sungguh dan ikhlas dengan mengedepankan teologi persyarikatan Muhammadiyah abad kedua secara modern sebagaimana dicontohkan KH Dahlan pada masanya. (Sumber: Sindo/Din)