BeritaPWM Jateng

Zakiyuddin Baidhawy: Jaga Harmoni dan Kedamaian dalam Pemilu!

PWMJATENG.COM, Semarang – Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Prof. Dr. H. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag., menegaskan pentingnya menjaga kedamaian dan harmoni dalam proses pemilihan umum (Pemilu), serta memilih pemimpin yang mampu menyatukan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pemilu merupakan pesta demokrasi yang penting bagi kita sebagai bangsa yang besar dan berdaulat. Mari kita gunakan kesempatan ini sebagai instrumen demokrasi untuk memilih pemimpin nasional yang dapat mempersatukan kita dalam bingkai NKRI,” ungkap Prof. Zakiyuddin Baidhawy M.Ag. saat ditemui di Kampus UIN, Sabtu (03/2/2024).

Prof. Zakiyuddin menegaskan bahwa dalam proses pemilu, setiap individu memiliki hak konstitusional untuk menyampaikan pendapatnya di muka umum. Namun, ia juga menekankan pentingnya menjalankan hak tersebut dengan tanggung jawab.

Baca juga, Tiga Syarat Kepala Negara Menurut Teori Maslahat Al-Mawardi

“Walaupun setiap orang memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya, kita juga harus ingat akan prinsip tanggung jawab. Kita boleh menggunakan hak kita, tetapi jangan memaksa orang lain untuk memilih pilihan politik yang sama dengan kita,” tegasnya.

Lebih lanjut, Prof. Zakiyuddin mengimbau masyarakat untuk menjalankan proses pemilu dengan santun dan menghargai pilihan politik orang lain. Meskipun terdapat perbedaan pendapat dan pilihan politik, persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga untuk menjaga harmoni dan kedamaian.

“Dalam setiap aspek pemilu, kita harus menggunakan cara yang santun dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku. Mari kita hargai pilihan orang lain, karena walaupun kita berbeda pilihan, persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga dalam harmoni dan kedamaian,” imbaunya.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE