AUMBerita

UNIMMA Buka Prodi Kedokteran dengan Pelatihan Kurikulum OBE yang Seru!

PWMJATENG.COM, Magelang –  Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) secara serius mempersiapkan pembukaan program studi (prodi) Kedokteran dengan menggelar pelatihan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) dan penyusunan instrumen pembelajaran. Workshop daring ini dihadiri oleh 30 dosen prodi Kedokteran pada Rabu (28/2).

Dr. Heni Setyowati ER, M.Kes, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UNIMMA, menjelaskan pentingnya kurikulum pendidikan dokter yang sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Menurutnya, OBE menekankan pada proses pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan efektif, serta memiliki dampak pada seluruh aspek pendidikan, termasuk rancangan kurikulum, tujuan pembelajaran, strategi pendidikan, metode pembelajaran, dan penilaian.

Baca juga, Meningkatkan Kebaikan dalam Relasi Sosial sebagai Manifestasi Rahmat

Lebih lanjut, Dr. Heni juga menegaskan bahwa kurikulum OBE tidak hanya untuk mengembangkan kompetensi lulusan agar sesuai dengan tuntutan dunia kerja, tetapi juga sebagai syarat untuk akreditasi nasional dan internasional.

Workshop tersebut diisi oleh dua narasumber, antara lain Dr. dr. Wiwik Kusumawati, M. Kes, Penasehat Medical Education Unit Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, yang membahas Mekanisme Penyusunan Kurikulum Berbasis OBE. Sementara itu, dr. Galuh Suryandari, M.Med.Ed, Penanggungjawab Medical Education Unit Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, memaparkan tentang Penyusunan RPS dan Modul Pembelajaran.

Selain pemaparan materi, workshop ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk berdiskusi interaktif dengan para narasumber.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE