AUMBerita

UNIMMA Borong Penghargaan dari Program Matching Fund

PWMJATENG.COM, Magelang – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) atas terjalinnya kolaborasi antar keduanya. Seremoni penyerahan piagam kolaborasi tersebut dilaksanakan pada Rabu (25/10) di Grand Sahid Raya Jakarta dalam serangkaian Rapat Koordinasi Sinkronisasi Program dan Kegiatan K/L/D/M dalam rangka Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Apresiasi diberikan atas dukungan UNIMMA terhadap pembangunan desa di Kabupaten Magelang dengan terlaksananya Program Matching Fund Kedaireka di KPPN (Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional) Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Manunggal Jaya yang terdiri dari Desa Karangrejo, Karanganyar, dan Tanjungsari. Adapun kegiatan yang dilakukan UNIMMA adalah mewujudkan Desa Metaverse di kawasan tersebut.

Dr. Lilik Andriyani, SE., MSI, Rektor UNIMMA menerima langsung piagam dan mengungkapkan UNIMMA akan terus berkontribusi dalam pengembangan kawasan pedesaan secara berkelanjutan. “Alhamdulillah, UNIMMA bisa berkontribusi membangun desa khususnya di kawasan strategis pariwisata nasional yang kebetulan ada di Magelang. Jadi, sinergi antara akademisi, pemerintah dan masyarakat untuk mengembangkan desa khususnya di bidang pariwisata bisa lebih optimal,” tuturnya.

Baca juga, Manhaj Tarjih Muhammadiyah; Manhaj Ijtihad Hukum

Proyek Desa Metaverse di KPPN Manunggal Jaya sendiri telah dilaksanakan sejak Juli 2023. Tim Matching Fund yang diketuai oleh Bambang Pujiarto, M.Kom membantu KPPN Manunggal Jaya agar dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat dengan dibuatnya platform Metaverse. Melalui platform tersebut, wisatawan dapat merasakan experience berbeda seperti menjelajah Candi Borobudur dan daerah lain di sekitarnya.

Selain penghargaan dari Kemendesa, UNIMMA juga mendapat apresiasi dari Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (DAPTV) karena telah berpartisipasi aktif dalam program Matching Fund Vokasi pada tahun 2023 dalam kategori PTV dengan jumlah pendaftar kolaborasi terbanyak. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung kepada Rektor UNIMMA pada Jumat (27/10) di Hotel Park Hyatt Jakarta. Disebutkan, DAPTV mengapresiasi UNIMMA atas upaya hilirisasi produk hasil penelitian terapan dan peningkatan kerjasama dengan mitra melalui kegiatan rekacipta yang diusulkan melalui platform Kedaireka.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.