AUMBerita

UMP Luncurkan KEPELIN, Produk Inovasi Penelitian untuk Meredakan Pegal Linu dan Nyeri Sendi

PWMJATENG.COM, Banyumas – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah meluncurkan produk inovatif terbaru mereka yang diberi nama “KEPELIN” dalam acara Gala Diner Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Pimpinan Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisiyah (PTMA) tahun 2023 di Auditorium Ukhuwah Islamiyah, Sabtu (28/10/2023) malam. 

KEPELIN merupakan hasil penelitian Disertasi dari Dr. Apt. Diniatik, M.Sc., seorang Dosen Farmasi di UMP, yang dirancang untuk membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendi.

Inventor produk KEPELIN Dr. Apt. Diniatik, M.Sc., mengatakan, Produk KEPELIN ini memiliki manfaat signifikan dalam mengurangi nyeri sendi dan pegal linu yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. 

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa KEPELIN mampu menurunkan kadar asam urat melalui penghambatan xanthine oxidase, dan memiliki aktivitas antioksidan dengan mekanisme penangkapan radikal bebas,” ungkapnya. 

Baca juga, Manhaj Tarjih Muhammadiyah; Manhaj Ijtihad Hukum

Dijelaskan, aturan pakai KEPELIN adalah 1 kapsul 2 kali sehari pagi dan sore, atau menjadi 2 kapsul jika kondisi agak berat, dapat diminum sebelum atau sesudah makan, dan disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Setiap kapsul KEPELIN mengandung ekstrak Stelechocarpus burahol folium sebanyak 500mg.

Peluncuran KEPELIN ini disambut antusias oleh peserta Rakornas AIK. Produk inovatif ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dalam meredakan nyeri dan pegal linu akibat tingginya kadar asam urat.

Lebih lanjut ia mengatakan, produk KEPELIN saat ini sudah tersedia untuk umum dan dapat diperoleh di beberapa apotek terkemuka di sekitar Purwokerto dan sekitarnya serta online di Tokopedia dan Shopee. “UMP berharap bahwa KEPELIN akan menjadi solusi yang efektif untuk masalah nyeri sendi dan pegal linu yang dihadapi oleh masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, menyampaikan apresiasi atas inovasi yang dihasilkan oleh Dr. Apt. Diniatik M.Sc. Ia juga menekankan pentingnya perguruan tinggi untuk terus mendorong riset dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“KEPELIN menjadi salah satu contoh keberhasilan UMP dalam menghasilkan inovasi yang relevan dan bermanfaat untuk kesehatan. Produk ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi banyak individu yang mengalami masalah nyeri sendi dan pegal linu,” pungkasnya.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.