AUMBerita

UMS Meriahkan Job Fair Career Expo 2024, Bursa Kerja Terbesar di Solo Raya!

PWMJATENG.COM, Surakarta¬†‚ÄstUniversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) turut ambil bagian dalam “Job Fair Career Expo 2024,” bursa kerja terbesar di Solo Raya. Acara ini berlangsung di Graha Wisata Niaga Surakarta pada Rabu, 10 Juli 2024, dan diikuti oleh 38 perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Pusat Karir Perguruan Tinggi Solo Raya (Forpuska).

Job Fair kali ini menghadirkan lebih dari 60 perusahaan, terdiri dari 46 perusahaan offline dan 20 perusahaan online. Ketua Forpuska Perguruan Tinggi Solo Raya, Saprudin Hamdani, dalam sambutannya menyatakan, “Ini adalah salah satu kegiatan yang dapat menyerap tenaga kerja di sekitar Solo Raya. Sebagai perguruan tinggi, kewajiban kita menyelenggarakan ini.”

Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Afriansyah Noor, menekankan pentingnya kolaborasi antara dunia pendidikan dan ketenagakerjaan sesuai dengan Perpres no. 68 Tahun 2022, no. 57 Tahun 2023, dan Permenaker no. 5 Tahun 2024. “Ini perlu dilakukan kolaborasi antara dunia pendidikan dengan dunia ketenagakerjaan, karena sinkronisasinya jelas. Setelah mahasiswa mengenyam pendidikan, tujuan utamanya adalah bagaimana mereka bisa kerja,” jelasnya.

Kepala Bagian Karir dan Alumni UMS, Nur Hidayat, menjelaskan bahwa UMS memiliki beberapa program selain job fair. “Kita juga ada program bursa kerja yang bernama Campus Hiring yang bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang sudah menjadi mitra kita,” paparnya.

Baca juga, Nabi Muhammad Berpuasa Asyura Sebelum Syariat Ibadah Puasa Turun

Nur Hidayat juga menerangkan bahwa hampir 30% alumni yang mengikuti Campus Hiring diterima di General Hospital di Arab Saudi. “Beberapa waktu lalu, ada Campus Hiring yang bekerjasama dengan Shopee, dan pada Senin, 15 Juli 2024, kita akan mengadakan Career Bootcamp dilanjutkan dengan rekrutmen yang bekerjasama dengan Perusahaan Teleperformance di Ruang Seminar Lt.7 Gedung Induk Siti Walidah UMS,” pungkasnya.

Acara ini mendapat sambutan hangat dari para peserta dan perusahaan yang berpartisipasi. Dengan berbagai perusahaan yang hadir, para pencari kerja memiliki kesempatan besar untuk menemukan peluang karir yang sesuai dengan keahlian dan minat mereka.

UMS dan perguruan tinggi lain di Solo Raya terus berupaya menjembatani dunia pendidikan dan dunia kerja melalui berbagai program inovatif. Job Fair Career Expo 2024 menjadi salah satu wujud nyata komitmen tersebut, membantu para lulusan untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan mengembangkan karir mereka di masa depan.

Kontributor : Yusuf
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE