Tingkatkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN Unimus Adakan Program BUDIKDAMBER

Tingkatkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN Unimus Adakan Program BUDIKDAMBER
Tingkatkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN Unimus Adakan Program BUDIKDAMBER

PWMJATENG.COM, SEMARANG – Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) menyelenggarakan KKN-PPM Mandiri Tanggap covid-19 selama satu bulan di daerah tempat tinggal mahasiswa masing – masing, yang dimulai pada tanggal 26 Januari  hingga 26 Februari 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan kelompok 06 KKN Unimus berfokus pada bagaimana upaya untuk meningkatkan Ketahan Pangan di masa Pandemi .

Salah satu anggota Kelompok 06 KKN Unimus Dian Anggisari di bawah bimbingan dosen Indah Manfaati Nur M.Si melaksanakan Kegiatan BUDIKDAMBER ( Budidaya IKan dalam Ember ) daring dan luring di Desa Kramat Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Program ini  merupakan salah satu upaya untuk menjaga ketahan pangan di rumah tangga di masa pandemi yaitu dengan menggabungkan budidaya ikan dan tanaman (sayuran) dalam satu wadah yang disebut teknik akuaponik.

BACA JUGA  Pemuda Muhammadiyah Weleri Produksi Film Sejarah PKO

Dian Anggisari mengatakan, Akhir-akhir ini, program Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) sedang populer.  Budikdamber menjadi kegiatan produktif bagi kelompok ibu – ibu PKK di Desa Kramat Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, pada masa pandemi ini. Selain kegiatan produktif, budikdamber juga merupakan kegiatan solutif karena dapat meningkatkan gizi keluarga dari hasil panen ikan dan sayurannya. Pada program ini, ikan yang digunakan adalah ikan lele dan sayurannya berupa kangkung dan Sawi Hijau. Program budikdamber menjadi solusi pangan keluarga, terutama bagi keluarga yang kesulitan memenuhi kebutuhan pangan mereka secara mandiri pada masa pandemi Covid-19. Program ini termasuk urban farming, artinya cocok untuk lahan terbatas, meskipun wilayah Desa Kramat sangat memungkinkan membuat kolam. Namun, budikdamber yang praktis dapat dilakukan oleh kelompok ibu – ibu PKK. Peralatan yang diperlukan mudah ditemukan dan bisa menggunakan barang bekas yang masih layak guna seperti ember bekas cat. Sehingga budikdamber dapat dikatakan ramah lingkungan.

BACA JUGA  Muhammadiyah Jepara Berikan Bantuan Bibit Kepada Petani Korban Banjir

Selain itu kelompok 06 KKN Unimus juga  melaksanakan program KKN pada bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi antara lain seperti kegiatan sosialisasi tentang covid-19, sosialisasi Vaksinasi, Penyemprotan disinfektan, Pembuatan minuman rempah – rempah untuk imunitas tubuh, sosialisasi cuci tangan, membagi masker gratis, Sosialisasi Hygiene & Sanitasi, Sosialisasi Keamanan Pangan di Rumah Tangga, membuat handsanitizer dan membuat mainan slime, SENJAMATIKA (Senang Belajar Matematika), English Fun and Easy, Sosialisasi keuangan sederhana UMKM, Sosialisasi pemanfaatan media internet sebagai sarana pemasaraan produk di UMKM,  infografis kependudukan dan ikut serta dalam kegiatan sosial di Desa Kramat. Kegiatan tersebut juga dilakukan secara daring dan luring dengan tetap memperhatikan protokol dan sebagai upaya untuk pencegahan Covid-19 .

BACA JUGA  Mider Praja Live Channel Youtube Radio Solo Belajar
Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts