Berita

Tiba di Kairo, Apa Saja yang Akan Dilakukan Tim Advance EMT Muhammadiyah untuk Persiapkan Respons Konflik Palestina?

PWMJATENG.COM, Kairo – Tim Advance Emergency Medical Team (EMT) Muhammadiyah tiba di Kairo, Mesir sore tadi pukul 10.20 waktu Mesir atau 15.20 WIB, Rabu (24/1)

Tim yang beranggotakan 5 orang ini rencananya akan bertugas di Mesir untuk melakukan assesmen pra-respons EMT Muhammadiyah pada misi kemanuasiaan untuk warga Palestina.

Sehari sebelumnya, Tim Advance ini telah melakukan briefing bersama dengan Ketua Bidang EMT MDMC PP Muhammadiyah, dr. Corona Rintawan, Sp.EM., KDM.

Kelima anggota Tim Advance ini sendiri, di antaranya dr. Tri Yunanto Arliono, Sp. EM., KDM., Wahyu Pristiawan Buntoro, Huda Khairun Nahar, Naibul Umam Eko Sakti, S.Ag., M.Si., dan Gunawan Hidayat, S.T., M.T.

dr. Tri Yunanto Arliono, Sp. EM. merupakan seorang dokter yang sehari-hari bertugas di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Selain itu, ia merupakan seorang dosen pada Fakultas Kedokteran UAD. Pada Perhimpunan Dokter Ahli Emergency Indonesia (PERDAMSI), dr. Anang merupakan pengurus di Bidang Pelayanan Bencana dan Pengabdian Masyarakat. Pada Periode Muktamar ke-48, dr. Anang diamanahi sebagai Anggota Bidang EMT MDMC PP Muhammadiyah.

Baca juga, Breaking News! Muhammadiyah Kirimkan Tim Advance Persiapan Respon Palestina!

Wahyu Pristiawan Buntoro merupakan senior di dunia kebencanaan. Ia merupakan Anggota Bidang Diklat MDMC PP Muhammadiyah. Pada dua misi kemanusiaan internasional Muhammadiyah, yakni di Turkiye dan Maroko, Ndan Pris (sapaan akrabnya), ditugaskan sebagai Security and Safety Officer. Sehari-hari Ndan Pris bertugas sebagai Komandan TRC BPBD DIY. Selain itu, ia merupakan Wakil Ketua Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI).

Huda Khairun Nahar, menjadi satu dari dua kader Jawa Tengah yang diamanahkan untuk mengemban misi kemanusiaan ini. Pada Periode Muktamar ke-48, Huda diamanahi menjadi Sekretaris MDMC PWM Jateng. Adapun di MDMC PP Muhammadiyah, ia adalah Anggota Bidang EMT, sekaligus Senior Logistic EMT Muhammadiyah. Pada respons Muhammadiyah saat gempa bumi di Turkiye tahun lalu, Huda menjadi Koordinator Logistik INA-EMT.

Naibul Umam Eko Sakti, S.Ag., M.Si. atau yang akrab dipanggil Ndan Umam merupakan Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Ketua MDMC PWM Jateng selama dua periode. Keahliannya di bidang kebencanaan menjadikannya sebagai asesor di BNPB. Ndan Umam sendiri sudah malang melintang di dunia kebencanaan.

Gunawan Hidayat, S.T., M.T. sendiri adalah Sekretaris Lazismu PP Muhammadiyah. Saat ini ia tercatat sebagai Dosen pada Fakultas Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Jakarta. Keikutsertaan Gunawan dalam Tim Advance membuktikan bahwa MDMC bersama Lazismu diandalkan oleh Persyarikatan dalam penanangan bencana, baik di dalam maupun di luar negeri.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE