Berita

Breaking News! Muhammadiyah Kirimkan Tim Advance Persiapan Respon Palestina!

PWMJATENG.COM, Semarang – Diketahui bahwa hingga saat ini konflik yang terjadi di Palestina akibat invasi Israel masih berlanjut. Laporan Anadolu Agency (AA), menyebut sebanyak 24.100 warga Palestina telah tewas akibat serangan Israel. Sementara sekitar 60.834 terluka.

Menurut PBB, 85% penduduk Gaza telah menjadi pengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan. Sementara 60% infrastruktur di wilayah tersebut rusak atau hancur.

Al Jazeera mengungkap, hingga 12 Januari, setidaknya total 93 jurnalis terbunuh sejak perang Israel-Gaza dimulai pada 7 Oktober. Menurut Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) dan Federasi Jurnalis Internasional (IFJ), 86 warga Palestina, 3 jurnalis Lebanon dan 4 jurnalis Israel terbunuh.

Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi masyarakat bertaraf internasional turut andil membantu masyarakat Palestina. Tiga bulan lalu, Rabu 1 November 2023, Muhammadiyah menyerahkan bantuan 13 Miliyar Rupiah kepada masyarakat Palestina, setelah sebelumnya sejak 2018-2023, Muhammadiyah telah menyalurkan bantuan sebesar 27 Miliyar Rupiah.

Baca juga, Hari Gini Belum Paham Wujudul Hilal?

Selain itu, Emergency Medical Team (EMT) Muhammadiyah, yang sebelumnya sudah pernah ditugaskan di Pakistan dan Turkiye, juga dipersiapkan untuk diberangkatkan sebagai bantuan kesehatan Muhammadiyah.

Pagi tadi, redaksi mendapatkan informasi bahwa Muhammadiyah akan mengirimkan Tim Advance ke Mesir, untuk mempersiapkan pengiriman EMT Muhammadiyah dalam rangka memberikan dukungan bantuan kesehatan untuk masyarakat Palestina. Tim Advance ini sendiri beranggotakan 5 orang yang terdiri dari dr. Tri Yunanto Arliono, Sp. EM., Pristiawan Buntoro, Huda Khairun Nahar, Naibul Umam Eko Sakti, S.Ag., M.Si., dan Gunawan Hidayat, S.T., M.T.

“Beliau berlima bertugas sebagai Tim Advance ke Mesir, persiapan penugasan Tim EMT untuk Palestina,” ungkap Fahtia Nur Rosyida, Anggota Bidang EMT MDMC PP Muhammadiyah.

Editor : Ahmad

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE