BeritaKabar DaerahPWA Jateng

Petakan Program yang Efektif, PCA Kartasura dan UMS Berkolaborasi Data Guru Karyawan yang Aktif di ‘Aisyiyah

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kartasura memulai aksi besar dengan melakukan pendataan partisipasi guru dan tenaga kependidikan di SMK Muhammadiyah Kartasura pada Kamis, 25 Januari 2024. Kegiatan yang didukung oleh Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta ini bertujuan untuk menggali informasi penting terkait keterlibatan mereka dalam berorganisasi Aisyiyah.

Menurut Sekretaris PCA Kartasura, Dr. Main Sufanti, M.Hum., pendataan ini memiliki tujuan strategis untuk memahami sejauh mana guru dan tenaga kependidikan di SMK Muhammadiyah Kartasura terlibat dalam aktivitas Aisyiyah. Data yang terkumpul akan menjadi dasar bagi PCA untuk merancang dan melaksanakan program-program yang lebih efektif.

Kepala SMK Muhammadiyah Kartasura, Mohammad Prasetyo, S.T., menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Dia menekankan bahwa setiap guru dan karyawan perempuan di sekolah Muhammadiyah wajib mendukung dan mengikuti kegiatan dalam beraisyiyah. Prasetyo berharap agar partisipasi aktif mereka dapat semakin memperkaya kegiatan Aisyiyah di lingkungan sekolah.

Pendataan partisipasi guru dan tenaga kependidikan di SMK Muhammadiyah Kartasura ini menjadi langkah awal yang akan dilanjutkan dengan pendataan serupa di sekolah-sekolah lain di Kartasura, termasuk SMP, SD, dan MI. PCA Kartasura, yang sebelumnya memiliki data dan kegiatan terfokus pada PAUD, khususnya melalui IGABA (Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal) Kartasura, kini memperluas cakupan pendataannya.

Baca juga, Hisab: 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada 11 Maret 2024, 1 Syawal Jatuh pada 10 April 2024

Dalam kegiatan ini, data berhasil terhimpun dari 23 guru dan tenaga kependidikan di SMK Muhammadiyah Kartasura. Formulir yang diisi membuka keragaman partisipasi mereka dalam ‘Aisyiyah. Ada yang telah menjadi pengurus, menjadi anggota aktif dengan sejumlah kegiatan diikuti, ada yang anggota pasif yang terlibat sekali-sekali, dan ada yang belum pernah terlibat sama sekali.

Sebagai puncak acara, peserta juga mendapatkan sosialisasi buku “Risalah Perempuan Berkemajuan,” yang merupakan produk dari Muktamar ‘Aisyiyah tahun 2023. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi anggota ‘Aisyiyah dalam melaksanakan dakwah di masyarakat. PCA Kartasura berharap bahwa guru dan tenaga kependidikan yang terlibat akan menjadi kader-kader militan yang dapat menggerakkan ‘Aisyiyah ke arah yang lebih baik.

PCA Kartasura mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMS yang telah menginisiasi program pendataan ini. Tim ini terdiri dari dosen dan mahasiswa yang aktif di laboratorium Literasi PBSI FKIP UMS, antara lain: Eko Purnomo, S.Pd., M.Pd., Fuad Hanafi, Kartika Satya Noviafitri, Diva Akmalita Kautsari, dan Pratiwi Yulia Saputri. Keberhasilan pendataan ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perkembangan ‘Aisyiyah di Kartasura.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE