AUMBerita

Terinspirasi! SD Muhammadiyah 1 Solo Jadi Model Pembelajaran, Lihat Bagaimana BUMS Jadi Objek Studi Tiru!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Program Khusus Kartasura Sukoharjo melakukan studi tiru dari Badan Usaha Milik Sekolah (BUMS) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pengembangan sekolah yang ingin mengikuti jejak kemajuan dan kekinian.

Menurut Kepala MIM PK Kartasura, Rochmadi, dalam kegiatan studi tersebut, mereka fokus pada pengelolaan koperasi atau kantin sekolah, kegiatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, serta pengelolaan kepegawaian. Rochmadi menyatakan, “Ilmunya semoga berkah dan sambutan sangat ramah.”

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 1 Solo, Sri Sayekti, M.Pd, mengungkapkan bahwa BUMS SD Muhammadiyah 1 Ketelan telah menjadi tujuan studi dari berbagai sekolah, baik dalam maupun luar kota. Menurutnya, keberadaan BUMS tersebut bukan hanya untuk mencari keuntungan semata, tetapi sebagai pusat keunggulan, pembelajaran, dan pelayanan bagi siswa.

Baca juga, Muhammadiyah Jateng Serahkan Bantuan untuk Penanganan Banjir Bandang di Demak

Sayekti juga menjelaskan bahwa BUMS tersebut mengacu pada kebutuhan pokok dan umum para peserta didik. Unit pertokoan di dalamnya meliputi toko sekolah, kantin sehat ramah anak, dan layanan fotokopi. Kantin menyediakan konsumsi pangan yang sehat dan bergizi, sedangkan layanan fotokopi membantu proses belajar mengajar.

Lebih lanjut, Sayekti menambahkan bahwa BUMS tersebut memiliki unit dapur sekolah yang menyediakan makan siang sesuai standar kesehatan yang dipantau oleh otoritas kesehatan setempat. Mereka juga menyediakan layanan antar-jemput bagi siswa yang orang tuanya terkendala waktu.

Setelah mendengarkan paparan dari Sayekti, tim studi tiru diajak untuk melihat langsung lokasi BUMS bersama dengan Wakil Kepala Sekolah bidang sarana prasarana dan Wakil Kepala Sekolah bidang humas.

Kontributor : Dwi Jatmiko
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE