BeritaKabar Daerah

Asah Skill Sastra, LSBO PDM Purworejo Gekar Workshop Penulisan Puisi

PWMJATENG.COM, Purworejo – Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) PDM Purworejo bekerja sama dengan SMK Muhammadiyah Purworejo menggelar Workshop Penulisan Puisi Islami yang diikuti oleh 30 siswi dari berbagai tingkat pendidikan. Ketua LSBO, Budi Santoso, berharap agar peserta dapat menghasilkan puisi yang bernuansa religius.

“Dengan puisi, pikiran menjadi lebih jernih, hati menjadi lebih tenang, cara berbicara menjadi lebih santun, dan tentu saja, kita semakin dekat dengan Sang Pencipta,” ungkap Budi Santoso.

Dalam sesi pertama, Drs. Dulrokhim M.Pd. memberikan penjelasan mengenai pengertian puisi, baik yang tradisional maupun modern, serta teknis penulisannya mulai dari pemilihan tema, judul, hingga pesan yang ingin disampaikan.

“Mulailah dengan keceriaan dan akhiri dengan kebijaksanaan,” tambah Dulrokhim.

Baca juga, Beri Pembekalan pada Tendik UNIMUS, Ketua PWM Jateng Tekankan Pentingnya Ideologi Muhammadiyah

Sementara itu, pemateri kedua, Wahidin S.Pd., membahas tentang nilai-nilai Islami dalam puisi dan mempersembahkan contoh puisi religi dari Sanggar Serambi Bagelen.

Dr. Junaedi Setiyono M.Pd., sebagai pembicara terakhir, menekankan pentingnya penelitian dalam menulis puisi. Dia juga membagikan pengalamannya dalam menulis puisi dengan tema gunung.

“Gunung Sumbing dan Sindoro selalu mengingatkan saya pada lukisan Raden Saleh yang menggambarkan penangkapan Pangeran Diponegoro. Saya menelusuri sejarah dan menemukan kejanggalan pada tahun itu,” ungkap Junaedi.

Acara ditutup dengan pembacaan puisi Islami oleh salah satu siswi SMK Muhammadiyah, Mutiara Ayu, yang kemudian dibahas bersama-sama.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE