AUMBerita

Tampilan Siswa SD Muhammadiyah 1 Solo Meriahkan Hari Jadi Ke-279 Kota Surakarta

PWMJATENG.COM, Surakarta – Siswa SD Muhammadiyah 1 Solo turut meramaikan perayaan hari jadi ke-279 Kota Surakarta. Perayaan ini merujuk pada peristiwa perpindahan pada masa pemerintahan Pakubuwana II, tepatnya pada 17 Februari 1745. Hari tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari ulang tahun (HUT) Kota Solo, yang jatuh pada Sabtu (17/2/2024).

Dalam rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Surakarta, tarian caping yang dibawakan oleh siswa SDMUH1 Solo menghibur para pengunjung Festival Jenang Solo di Koridor Ngarsapura Solo. Acara ini juga berbarengan dengan peringatan hari ulang tahun Kota Solo serta Mangayu Bagyo Jumenengan KGPAA. Mangkunegaran X.

Staf Kesiswaan, Danardono Sri Pamungkas SSn MPd, menjelaskan bahwa meskipun cuaca panas, semangat para siswa dalam memberikan hiburan melalui tarian caping tetap menggebu.

“Untuk mempersiapkan penampilan ini, kami membutuhkan waktu seminggu untuk latihan. Saya memilih 10 siswa berbakat untuk menjadi penari. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama guru tari yang handal, Ibu Sri Suwanti SPd, dan dukungan luar biasa dari orang tua murid,” ujarnya.

Baca juga, Tanggung Jawab dan Etika Pemimpin, Khianat Akan Dilaknat!

Cowok yang bercita-cita menjadi penari internasional ini menyatakan bahwa tidak ada kendala dalam menyiapkan penampilan bersama tim, karena sekolah mereka terletak persis di barat Pura Mangkunegaran.

“Selamat hari jadi ke-279 Kota Solo. Semoga Kota Solo terus menjadi penyimpan kekayaan seni budaya yang masih terjaga hingga menjadi bagian dari rekam jejak sejarah nasional. Alhamdulillah, para siswa telah memberikan penampilan terbaik dalam setiap acara, termasuk hari ini,” tambahnya.

Kepala Sekolah, Sri Sayekti, menyatakan komitmen bersama untuk menciptakan Kota Solo yang aman, sehat, produktif, dan inovatif dalam setiap aktivitas sehari-hari.

Mengenai dukungan dari dinas terkait untuk memberikan ruang dan waktu, dia menjelaskan bahwa SD Muhammadiyah 1 Solo berusaha secara maksimal sesuai dengan visi dan misi sekolah.

“Visi kami adalah mewujudkan lembaga pendidikan unggul dan kompetitif, dengan sumber daya insani yang bertakwa dan berakhlaq mulia, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sehat jasmani dan rohani, berwawasan global, serta peduli lingkungan hidup melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila,” katanya sambil tersenyum.

Kontributor : Jatmiko
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE