Semangat Baitul Arqom Kepala Sekolah Madrasah Muhammadiyah se-Banjarnegara

PWMJATENG.COM, PURBALINGGA – Majelis Pendidikan Kader bekerjasama dengan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PDM Banjarnegara menyelenggarakan kegiatan Baitul Arqom bagi seluruh kepala sekolah dan madrasah Muhammadiyah se-Banjarnegara. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu sampai dengan Ahad, 3 sampai 4 November 2018 bertempat di SMA Muhammadiyah 1 Banjarnegara. Diikuti oleh 84 dari 94 kepala sekolah/madrasah. AUM pendidikan Banjarnegara adalah; 8 Sekolah Dasar, 65 Madrasah Ibtidaiyah, 4 SMP, 13 Mts, 2 SMA, 1 SMK serta 1 MA.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara, Sobri, berpesan bahwa Baitul Arqom yang diikuti oleh kepala sekolah dan madrasah Muhammadiyah ini harus dijadikan sebagai sarana untuk memantapkan ideologi Muhammadiyah. Selain itu melalui Baitul Arqom ini diharapkan kepala sekolah/madrasah mampu membawa lembaganya menjadi sekolah yang unggul, berani berinovasi dengan hal – hal yang baru.

Sementara itu ketua Majelis Dikdasmen PDM Banjarnegara, Suwarjo, menyampaikan bahwa Baitul Arqam adalah suatu bentuk Pembinaan di Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi keislaman dan kepemimpinan. Baitul Arqam diambil dari salah satu nama sahabat Nabi Muhammad saw yang bernama Arqam bin Arqam, yang pada waktu itu rumahnya dijadikan pos/base camp dakwah Rasulullah. Tujuan kegiatan Baitul Arqam adalah untuk meningkatkan pemahaman keislaman, menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir di kalangan anggota persyarikatan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah.

Kegiatan Baitul Arqam diselenggarakan untuk dapat lebih memahami hakikat Muhammadiyah yaitu Islam, mempelajari Muhammadiyah berarti mempelajari Islam, sehingga tidak terjadi kesalah pahaman seolah-olah ketika mengikuti Baitul Arqam akan mendapatkan doktrinasi mengenai Muhammadiyah. Disaat kita bekerja di Amal Usaha Muhammadiyah, maka sudah sewajarnya kita mempelajari dan memahami apa itu Muhammadiyah. Salah satu yang dipelajari dalam Baitul Arqam adalah Paham Agama dalam Muhammadiyah, yang menjelaskan prinsip prinsip ibadah yang benar. Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang melaksanakan dakwah dan tajdid untuk terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. (FZ)