AUMBerita

Petualangan Ilmiah Sadabrata di Jawa Timur

PWMJATENG.COM, Karanganyar – SMP Muhammadiyah Darul Arqom kembali menggelar petualangan ilmiah dengan angkatan Sadabrata, melalui kegiatan Rihlah Ilmiah Iqtishodiyah atau outing class. Kali ini, destinasi studi mengajak 185 siswa menjelajahi pesona Jawa Timur, tepatnya Temboro dan Malang.

Perbedaan mencolok terlihat dalam pilihan destinasi studi kali ini, di mana peserta memilih Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro di Magetan. Dengan luas 50 hektar dan fasilitas unik seperti pabrik roti, kandang kuda, koperasi, dan gudang, pesantren ini menawarkan pengalaman unik dan mendalam bagi para siswa.

Petualangan dimulai dengan salat berjamaah dan makan malam bersama di aula pesantren. Malam berlanjut dengan kunjungan ke Galeri Joko Tingkir, menampilkan koleksi berharga peninggalan Rasulullah yang disimpan dalam ruangan khusus. Replika rumah Rasulullah, Ka’bah, dan kota Madinah menjadi daya tarik lainnya. Acara ditutup dengan pamitan kepada pihak pesantren pada pukul 10 malam.

Baca juga, Jamaluddin Ahmad: Masjid sebagai Pusat Spiritualitas dan Kegiatan Persyarikatan

Hari kedua melibatkan perjalanan seru dari Magetan ke Malang dengan kunjungan ke Jatim Park 2. Sebelumnya, siswa-siswi belajar di pesantren, kemudian melepas penat dengan bermain di Jatim Park 1. Kunjungan ke Museum Tubuh, museum tubuh terbesar se-Asia, juga menjadi pengalaman mendidik. Bermain di Jatim Park 1 menjadi highlight hari kedua dengan berbagai wahana menarik.

Kegiatan bermain yang dimulai jam 8 pagi hingga jam 1 siang membuat siswa-siswi puas. Setelah salat dan makan siang di Hotel/HC Putra, perjalanan pulang dimulai pukul 3 sore, tiba di Karanganyar pada pukul 9 malam.

Petualangan ini tidak sekadar rekreasi, melainkan upaya serius untuk mendapatkan ilmu. Para siswa diberi tugas membuat laporan perjalanan sebagai syarat naik kelas dengan batas waktu satu minggu. Dua hari perjalanan ini tidak hanya memberikan pengalaman baru, tetapi juga menciptakan kenangan istimewa bagi siswa dan siswi yang turut serta dalam petualangan ilmiah ini.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE