Perkemahan Kepanduan Hizbul Wathan Ciptakan Pelopor Kepedulian

0
335

PWMJATENG.COM, Solo – Kepedulian, Disiplin, Mandiri Tanggung Jawab merupakan ciri khas Kepanduan. Besok hari Jum’at-Sabtu, 28-29 September 2018 sejumlah siswa kelas 5 dan 6 berjumlah 295 terdiri 131 putra, 164 putri akan menjadi pelopor peduli Agama, Manusia, Lingkungan dan manajemen di Bumi Perkemahan Kampung Karet, Puntukrejo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793. Diikuti sebanyak 13 kuntum putra dan 16 kuntum putri.

Sekolah Dasar Swasta Rujukan (SDSR) Qabilah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta menginisiasi kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Swt., membentuk kuntum yang baik dan bersedia melaksanakan Undang-undang Athfal, melatih membina kekompakan, saling pengertian, persaudaraan, dan persahabatan, melatih bersikap disiplin, mandiri, tanggung jawab, menambah ilmu pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan kepanduan serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.

“Dalam acara ini diadakan kegiatan memperdalam materi kepanduan Hizbul Wathan, Perkemahan, Pentas Seni, Tadabbur Alam dilingkungan sekitar kampung karet dan lain sebagainya, keberhasilan melaksanakan perkemahan sekarang ini merupakan tolak ukur SD Muh 1 mampu menyelenggarakan even dan pembinaan jiwa dan raga peserta didik,’’ ujar Salah Satu Penasehat Kegiatan Jatmiko.

Ketua Panitia Perkemahan Jum’at Sabtu Pelopor Kepedulian Dwi Suparwanto mengatakan, anggota Athfal dikenal punya sikap disiplin tinggi. Mereka juga dikenal militan. Sikap disiplin dan militan itu, tambah Suparwanto, merupakan modal utama untuk menjadi pelopor kepedulian.

’’Sehingga agen kepedulian semakin banyak,’’ tutur Suparwanto yang juga wali kelas dua tersebut.

Selain itu, mereka digembleng untuk mendapatkan dari sisi Religius, Nasionalisme, Mandiri, Integritas, dan gotong royong.

’’Setelah pembagian kapling diadakan upacara pembukaan, dinamika kuntum, ibadah, tadarrus, Pensii (Pentas Seni Islami), Qiyamul Lail, Tahfizul Qur’an, serta Tadabbur Alam, Dengan tujuan acara ini mampu membangun kepercayaan diri dan Kemampuan bekerja sama dalam tim,’’ tuturnya. (Jatmiko)