AUMBerita

Miliki Predikat Excellent, UMS Jadi Rujukan Studi Banding UMN Tangerang

PWMJATENG.COM, Surakarta – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali mencuri perhatian dengan meraih predikat Excellent dari QS World University Rankings di tujuh kategori. Prestasi gemilang ini menjadi alasan utama Universitas Multimedia Nasional (UMN) Tangerang mengadakan kunjungan ke UMS pada Senin, 3 Mei 2024, bertempat di Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital Kampus II UMS.

Manajer Perpustakaan UMN Tangerang, Orisa Mahardhini, menjelaskan tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan studi banding terkait fasilitas, tata kelola, dan komponen peringkat. “Kunjungan ini kami lakukan untuk belajar dari UMS yang telah meraih skor 5 Star dalam QS World University Rankings. Kami sengaja memilih UMS karena berdasarkan riset kami, UMS memiliki pencapaian luar biasa,” ujar Orisa.

Ia menambahkan bahwa pengetahuan yang diperoleh dari studi banding ini akan diimplementasikan untuk pengembangan UMN. Orisa juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran pimpinan UMS, terutama Kepala Biro Humas dan Pemeringkatan (BHP) UMS, Gunawan Ariyanto, Kepala Biro Perencanaan dan Pengembangan (BPP) UMS, Munajat Tri Nugroho, dan Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) UMS, Andy Dwi Bayu Bawono.

Baca juga, Ramai Pemberian IUP kepada Ormas Keagamaan, Ini Tanggapan Ketua PWM Jawa Tengah

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BHP UMS, Gunawan Ariyanto, menyambut baik kedatangan rombongan UMN dan memaparkan tentang hasil QS World University Rankings yang diraih UMS. Gunawan juga menjelaskan tentang fasilitas perpustakaan UMS, terutama yang berkaitan dengan layanan bagi penyandang disabilitas. “Harapan kami, ke depan dapat terjalin kerja sama untuk mencapai peringkat yang lebih baik dan strategi dalam memberikan fasilitas bagi orang-orang dengan kebutuhan khusus,” ungkapnya.

Setelah sesi diskusi dan pemaparan, rombongan dari UMN diajak berkeliling melihat berbagai fasilitas yang tersedia di Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan wawasan baru bagi UMN dalam upaya mencapai status World Class University.

Dengan kunjungan ini, UMS semakin menunjukkan perannya sebagai perguruan tinggi yang unggul dan menjadi rujukan bagi universitas lain dalam berbagai aspek, termasuk pengelolaan perpustakaan dan layanan digital. Kolaborasi antara UMS dan UMN di masa depan diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

UMS dan UMN terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan fasilitas pendidikan mereka, sehingga dapat bersaing di kancah internasional. Semangat untuk terus belajar dan berinovasi seperti yang ditunjukkan oleh kedua universitas ini menjadi contoh positif bagi dunia pendidikan di Indonesia. Semoga kolaborasi dan upaya bersama ini dapat membawa kemajuan signifikan bagi kedua institusi serta dunia pendidikan nasional.

Kontributor : Yusuf
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE