Berita

Menyingkap Rahasia Membangun Lingkungan Inklusi untuk Disabilitas!

PWMJATENG.COM, Yogyakarta – Pada hari Ahad, 3 Desember 2023, sebuah kejutan besar terjadi di ruang serbaguna lantai 10 Gedung Utama Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) DIY, melalui Majelis Kesejahteraan Sosial ‘Aisyiyah DIY, menggelar Seminar Nasional bertema “Membangun Lingkungan Persyarikatan yang Inklusi”. Acara yang dihadiri oleh 106 peserta dari berbagai organisasi ini menjadi momen penting dalam mendukung hak dan kesejahteraan disabilitas.

Hadirlah tokoh-tokoh penting, antara lain Dr. Mariman Darto, M.Si (Ketua MPKS Pimpinan Pusat Muhammadiyah), Ro’fah, Ph.D (Ketua MKS Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah), Rita Triharyani (Praktisi-YAKKUM), dan segenap Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah DIY. Peserta berasal dari berbagai organisasi seperti Anggota Pleno PWA DIY, Majelis Kesejahteraan Sosial PWA DIY, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah se-DIY, dan berbagai lembaga kesejahteraan sosial serta rumah sakit Muhammadiyah di DIY.

Dalam sambutannya, Wuri Astuti, Ketua MKS PWA DIY, menyampaikan rasa terima kasih kepada Wakil Rektor UAD Drs. H. Parjiman, M.Ag. atas fasilitasi kegiatan ini. “Kepedulian terhadap difabel menjadi salah satu program unggulan MKS PWA DIY, sebagai kelompok afirmatif gender yang menjadi bidang garap MKS dalam rangka Hari Disabilitas Internasional,” ungkap Wuri.

Baca juga, Persiapan Pemilu untuk Caleg Muhammadiyah

Widiastuti, Ketua PWA DIY, menekankan tiga poin penting dalam kegiatan ini. Pertama, pentingnya layanan inklusi pada semua elemen persyarikatan. Kedua, perlunya kolaborasi antara ‘Aisyiyah dan pihak terkait dalam kampanye pemenuhan hak disabilitas. Ketiga, pemenuhan layanan inklusi sebagai bagian dari dakwah Muhammadiyah. Ia juga menyoroti kurangnya pemenuhan dan perhatian dari unsur persyarikatan kepada kaum disabilitas.

“Kami berharap seminar ini dapat menjadi tonggak penting dalam membentuk pemahaman dan kesadaran akan pentingnya inklusi bagi disabilitas,” kata Widiastuti.

Seminar ini menjadi bukti komitmen ‘Aisyiyah DIY dalam menghadirkan solusi nyata untuk meningkatkan inklusi dan kesejahteraan disabilitas di masyarakat. Dengan kolaborasi yang erat antara organisasi persyarikatan, pemangku kepentingan, dan praktisi lapangan, diharapkan akan tercipta lingkungan yang lebih ramah dan mendukung bagi semua, tanpa terkecuali.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE