Berita

Lestarikan Batik Tulis, Siswa SD Muhammadiyah Palur Berkunjung ke Batik Merak

PWMJATENG.COM, Surakarta– Memberikan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang batik, SD Muhammadiyah Palur mengajak siswa-siswi kelas 5 berjumlah 112 berkunjung ke batik merak manis yang beralamatkan di Laweyan, Surakarta, Rabu (11/10/2023).

Membuat batik tulis bukan perkara mudah karena dibutuhkan keahlian, keterampilan, dan ketelitian agar dapat menciptakan karya batik tulis yang indah. Namun hal ini mampu dilakukan oleh siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Palur untuk menghasilkan produk batik tulis yang berkualitas dengan semangat untuk melestarikan budaya batik tulis.

Semua siswa harus mengikuti proses pembuatan batik tulis diawali dari desain kain, menggunakan canting untuk menulis batik, pewarnaan dan pengeringan sampai selesai menjadi bahan batik. Diharapkan dengan pembelajaran praktek pembuatan batik tulis ini nantinya bisa dikembangkan sebagai bekal skill bagi siswa.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Yudisium 70 Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Nur Laili Guru Kelas 5 menjelaskan tujuan kegiatan ini setidaknya ada empat.

“Memperkenalkan berbagai jenis proses pembuatan batik, melihat secara langsung proses pembuatan batik, mempraktikkan secara langsung, membuat batik tulis dan ebagai salah satu bagian dari program kegiatan P5,” Terangnya.

Ia menambahkan, dari kunjungan ini anak-anak mendapatkan pengalaman yang berharga, bisa melihat dan merasakan secara langsung proses pembuatan batik.

“Semoga membuat mereka semakin mencintai batik sebagai salah satu bentuk kearifan lokal yang harus dijaga kelestariannya,” Ujarnya.

Farah Candra salah satu siswa kelas 5C sangat antusias mengikuti kegiatan outinh class ini dan mengungkapkan

“Senang sekali bisa melihat proses pembuatan batik, dan bisa praktek membuat batik tulis,” Ungkapnya.

Kontributor: Choerul Anam

Editor : M Taufiq Ulinuha

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.