Berita

Tapak Suci UMS Torehkan Prestasi di Kejurnas

PWMJATENG.COM, Surakarta– Tapak Suci (TS) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menorehkan prestasi di kejuaraan nasional, setelah berhasil memperoleh 3 perak dan 1 perunggu pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sebelas Maret (Semar) V yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS), 4-8 Oktober 2023.

Pelatih TS UMS Krisna, S.Pd. M.Pd. mengatakan Tim UMS mendapatkan undangan untuk turut berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut.

“Unit Kegiatan TS UMS diundang panitia kejuaraan TS UNS, agar ikut Kejurnas Semar V,” kata Krisna, Selasa (10/10).

Untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan, TS UMS memiliki regulasi dalam sistem pengkaderannya. Regulasi dilakukan dengan melakukan seleksi dan selanjutnya dikelompokkan pada tim 1, tim 2, dan tim 3. Pada Kejurnas Semar V, sebagian besar yang mengikuti kejuaraan adalah kader-kader baru TS UMS.

“Yang mengikuti pertandingan di UNS hanya sebagian dari tim 2, kebanyakan dari tim 3. Mereka, kader-kader baru dari TS UMS,” ungkapnya.

Baca juga: Lestarikan Batik Tulis, Siswa SD Muhammadiyah Palur Berkunjung ke Batik Merak

Krisna berharap, para kader TS UMS tetap bersemangat, menjadi kader TS terbaik dan dapat membanggakan almamater UMS.

“Harapannya baik yang tim 1, tim 2, maupun tim 3, tetap semangat untuk berlatih. Terutama untuk yang tim 2 dan tim 3 harus komitmen dan kontinu terkait dengan latihan dan sebagainya, yang harapannya nanti benar-benar menjadi kader terbaik yang nanti bisa membanggakan khususnya TS UMS, dan mungkin pencak silat di Indonesia,” pesannya.

Salah satu peraih medali perak M. Abdullah Azzam dari Pendidikan Olahraga (POR) UMS angkatan 2023 mengungkapkan bahwa dirinya telah beberapa kali mewakili UMS di berbagai pertandingan.

“Mewakili UMS sudah 2 kali yaitu pada event Magelang Championship meraih medali emas dan Kejurnas UNS meraih medali perak,” ungkap Azzam.

Dia juga merasa sangat bangga karena bisa mewakili UMS di ajang nasional seperti ini, dan bersyukur bisa memperoleh medali perak. Kesuksesannya adalah buah dari ketekunannya dalam berlatih. Dia telah berlatih semenjak kelas 4 SD, kurang lebih saat umur 8 tahun, dengan dorongan dari ayahnya yang juga seorang pelatih.

Atlet TS itu saat ini tengah mempersiapkan dirinya untuk mengikuti seleksi kejuaraan di Jakarta dan Malaysia Open, karena pada saat seleksi untuk POMNAS dia tidak lolos.

“Harapan saya untuk UMS semoga bisa tetap mensupport saya dan temen-temen yang lain untuk bisa berprestasi lebih tinggi lagi,” harap Azzam, pemenang dari kategori Tanding Kelas B di Kejurnas Semar V.

Untuk saat ini TS UMS sedang melakukan persiapan untuk kegiatan POMNAS yang akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan, November nanti.

Berikut daftar mahasiswa berprestasi yang membawa pulang 3 Perak dan 1 Perunggu dari Kejurnas Semar V:

  1. M. Abdullah Azzam ( Juara 2 Kelas B Putra )
  2. Aji Satrio ( Juara 2 Kelas D Putra )
  3. Dika Dwi ( Juara 2 Seni ganda Tangan Kosong )
  4. Diki Dwi ( Juara 2 Seni ganda Tangan Kosong )
  5. Aji Satrio ( Juara 2 Bebas Beregu Putra )
  6. Barrel Putra ( Juara 2 Bebas Beregu Putra )
  7. Bayu Seno ( Juara 2 Bebas Beregu Putra )
  8. Arjun Kristiyo ( Juara 2 Bebas Beregu Putra )
  9. Egi Ardiansyah ( Juara 2 Bebas Beregu Putra )
  10. Egi Ardiansyah ( Juara 3 Kelas F Putra )

Kontributor: Maysali

Editor : M Taufiq Ulinuha

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.