AUM

Latih Imajinasi Murid dengan Seni Kreativitas Gerabah

PWMJATENG.COM, Surakarta¬†‚ÄstSejumlah 79 murid kelas II SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan Parents Day di Ruang Hall sekolah, Sabtu (29/10/2022).

Kegiatan ini mengangkat tema “Berkreasi dengan Tanah dan Melukis Gerabah,” bekerja sama dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Murid dibagi menjadi delapan kelompok. Setiap kelompok didampingi satu mahasiswa FSRD UNS.

Pada sesi pertama, murid praktik membuat gerabah dari tanah liat. Para murid sangat antusias, ada yang membuat gelas kelinci, tas belanja, teko, dan tempat pensil.

“Aku senang bisa praktik membuat gerabah dengan cara dipilin. Meskipun awalnya susah dan lengket di tangan, aku berhasil membuat monster daun,” ungkap Prabu Dharmatirta Wardana, salah satu murid kelas II.

Sesi kedua, murid praktik melukis gerabah menggunakan cat air dan kuas. Murid mewarnai sesuai imajinasinya masing-masing. Ada yang membuat lukisan hello kitty, pemandangan, dan motif bunga. Mereka sangat senang dengan kegiatan Parents Day hari ini.

Baca juga, Trensains Sragen Proyek Peradaban Islam Berkemajuan Abad Kedua

Riastanti Adiwardani, selaku ketua komite kelas II sebagai penyelenggara kegiatan, mengungkapkan bahwa tujuan acara ini untuk melatih kemampuan sensorik dan motorik murid.

“Dengan memperkenalkan tekstur tanah liat serta berimajinasi membuat kreativitas dalam kegiatan mencampur warna saat melukis gerabah diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan pengalaman baru bagi murid-murid,” imbuhnya.

Kegiatan Parents Day diakhiri dengan pembagian door prize bagi murid yang memenuhi penilaian lima kategori, yaitu murid yang datang paling awal, kreasi terunik untuk seni tanah liat, kreasi paling rapi untuk seni tanah liat, kreasi paling rapi untuk seni mewarnai gerabah, dan kreasi terserasi untuk seni mewarnai gerabah.

Kontributor : Nikmah Hidayati

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE