“Karima”, Program Kegiatan Ramadhan MI Muhammadiyah Blondo

“Karima”, Program Kegiatan Ramadhan MI Muhammadiyah Blondo
“Karima”, Program Kegiatan Ramadhan MI Muhammadiyah Blondo

PWMJATENG.COM, MAGELANG,- Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah memiliki program kegiatan yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan 1442 Hijriyah. Nama programnya adalah Kegiatan Ramadhan in Madrasah atau disingkat dengan Karima, bentuk kegiatannya meliputi pesantren, tadarus Al Quran, hafalan surat, kultum, kajian Islam, keputrian, berbagi takjil, buka puasa bersama, peringatan Nuzulul Qur’an, lomba keagamaan dan pengumpulan serta pentasyarufan zakat. Dalam rangka menyukseskan kegiatan ramadhan, pihak madrasah melakukan kerjasama dengan Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Magelang.

Tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap datangnya bulan ramadhan serta menanamkan nilai-nilai agama dan juga akhlakul karimah. Harapannya kemudian adalah akan tumbuh generasi muslim yang memiliki karakter kuat baik dalam hal aqidah sekaligus memiliki jiwa sosial serta kemanusiaan. Kegiatan yang dilaksanakan pada pertengahan ramadhan tersebut mengambil tema Ramadhan Ceria dan Bermakna, untuk peserta berjumlah 97 siswa, terdiri dari kelas 4, 5 dan 6.

BACA JUGA  Tapak Suci Pertahankan Juara Umum POPDA 2018 Kabupaten Magelang

Dalam keterangan pers pada Sabtu 01/05, Kepala MI Muhammadiyah Blondo, Yunika Purwaningsih, S.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan ramadhan sudah menjadi agenda rutin madrasah. “Karena masih dalam masa pandemi covid-19, kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya menginap di madrasah, untuk tahun ini dilaksanakan selama satu hari tanpa menginap dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan” katanya.

Salah satu peserta dari kelas 5, Putri Ayu Kurniasari menyampaikan sangat bahagia mengikuti program kegiatan ramadhan ini, ada kebersamaan dengan teman dan juga guru serta mendapatkan ilmu dari materi pengajian yang disampaikan. “ Kegiatan ini sangat berkesan, banyak ilmu tentang sejarah Islam, saya sangat suka dengan cerita sejarah para nabi, senang juga berkumpul bersama teman – teman, buka puasa bersama sholat berjama’ah dan juga tadarus Al- Qur’an bersama” katanya.

BACA JUGA  Peringati Hari Antikorupsi, Ratusan Siswa Uji Nyali dan Berbagi

Kontributor Handy, Editor Ahmad Basyiruddin

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts