BeritaMajelis LembagaPWM Jateng

Jadi yang Terbaik, Lazismu Jateng Buktikan Kualitas dan Akuntabilitasnya! Yuk Tunaikan Ziskamu!

PWMJATENG.COM, Palembang – Memasuki hari pertama, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lazismu 2024 dibuka secara resmi oleh Bendahara Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Hilman Latief. Acara prestisius ini menjadi panggung utama bagi seluruh perwakilan Lazismu tingkat wilayah di Indonesia, membahas strategi, ide, dan terobosan untuk mengakselerasi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah, Ahmad Imam Mujadid Rais, dalam sambutannya mengungkapkan semangat Rakernas sebagai wadah untuk saling memberikan motivasi dan saling belajar. “Kita sama-sama saling melengkapi,” ujar Rais, mencerminkan semangat gotong royong yang menjadi dasar keberlanjutan Lazismu.

Rais menegaskan bahwa tema besar Rakernas, yaitu “Penguatan Inovasi Sosial untuk Pencapaian SDGs,” sesuai dengan semangat Milad ke-111 Muhammadiyah yang memiliki tema besar “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta”. Ini menunjukkan keterkaitan erat antara Lazismu dengan nilai-nilai kemanusiaan dan keberlanjutan.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatra Selatan, Ridwan Hayatuddin, menyoroti pentingnya peran Lazismu dalam mengentaskan kemiskinan dan menciptakan dampak positif di tengah masyarakat. Keberadaan Lazismu dianggap sebagai aktualisasi sifat rahman dan rahim Allah, menjadi rahmat bagi seluruh dunia.

Asisten I Bidang Kesra Setda Sumatra Selatan, Edward Candra, menyambut baik kontribusi Lazismu yang sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia menekankan enam pilar Lazismu yang mendukung berbagai program pemerintah, memberikan apresiasi atas dukungan lembaga seperti Lazismu.

Baca juga, Resmi Dikukuhkan, Deden Istiawan dan Laelatul Khikmah Siap Bawa ITESA Muhammadiyah Semarang Berlari Kencang

Bendahara Umum PP Muhammadiyah, Hilman Latief, dalam arahannya, mengajak Lazismu di seluruh Indonesia untuk menjadi inspirasi bagi majelis dan lembaga di Muhammadiyah. Konsolidasi di ranah organisasi dan keuangan menjadi kunci keberlanjutan, dengan penekanan pada kekuatan filantropi atau berderma.

“Kita harus tahu harta yang kita miliki ada berapa, aset yang kita kelola ada berapa. Kalau kita sudah mengetahui, kita dapat menyiapkan bentuk sinergi terhadap mitra-mitra,” ungkap Hilman. Ia menambahkan bahwa konsolidasi yang terus dikembangkan, bersama audit oleh Kantor Akuntan Publik, akan membantu mengetahui nilai pengelolaan Lazismu per tahunnya.

Dalam pesan penutupnya, Hilman mendorong peserta Rakernas untuk membuat pilot project pemberdayaan. Pilot project ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dengan indikator keberhasilan yang jelas. Rakernas Lazismu 2024 juga menjadi momentum penghargaan bagi mitra-mitra Lazismu, sekaligus menyaksikan bantuan empat unit mobil operasional “Zakat Quick Response” yang diberikan oleh Baznas melalui Alfamidi.

Baca juga, Muhammadiyah dan Dialog Terbuka: Ujian Kualitas ‘Isi Kepala’ Capres-Cawapres Indonesia

Pada Rakernas ini, Lazismu Jawa Tengah memborong berbagai penghargaan, di antaranya:

  1. Lazismu Terbaik Nasional 2023.
  2. Pelaporan Keuangan dan Tata Kelola Terbaik.
  3. Amil Terbaik yang diraih Ikhwanushoffa selaku Manajer Area Lazismu Jateng.

Selain tiga penghargaan di atas, Lazismu Jateng juga masuk ke dalam beberapa nominasi penghargaan, di antaranya:

  1. Pertumbuhan Ziska Terbaik.
  2. Penghimpunan Ziska Terbaik (Sukses Retail 35 Kab Daerah) serta Pendistribusian dan Pendahayahgunaan yang Kreatif dan Inovatif Terbaik yang meliputi,
    – Program Pendidikan Terbaik (Bakti Guru)
    – Program Ekonomi Terbaik (Pemberdayaan UMKM).
    – Program Kemanusiaan Terbaik (Gerakan Penanganan Kekeringan Serentak).
    – Program Kesehatan Terbaik (Gerakan Serentak Cegah Stunting)

Hal tersebut disampaikan Agus Miswanto, S.Ag., M.Ag. selaku Anggota Dewan Pengawas Syariah Lazismu Jateng yang hadir pada Rakernas, bersama-sama dengan Ketua Lazismu Jateng Dwi Swasana Ramadhan, S.E., M.SEI., Ak., Sekretaris Lazismu Jateng Muhammad Amir Ansori, S.E., M.M., dan Manajer Area Lazismu Jateng Ikhwanushoffa.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE