AUMBerita

ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Gelar Pelatihan Public Speaking, Mahasiswa Terampil Berbicara di Depan Publik

PWMJATENG.COM, Surakarta – Auditorium ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menjadi saksi acara yang seru dan interaktif. Sejumlah mahasiswa dari berbagai organisasi di kampus berkumpul untuk mengikuti pelatihan public speaking. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam berbicara di depan umum, Selasa (20/2).

Wakil Rektor III, Suyanto, menjelaskan bahwa kemampuan berkomunikasi menjadi kunci penting dalam menjalankan kegiatan mahasiswa. Protokol acara yang lancar dan ide yang disampaikan dengan baik memerlukan kemampuan komunikasi yang baik pula. ITS PKU juga mengundang sekolah mitra untuk ikut serta dalam pelatihan ini.

Baca juga, Menyambut Ramadan dengan Kesiapan Fisik dan Spiritual

Sara Neyrhiza, seorang praktisi komunikasi, hadir sebagai fasilitator pelatihan. Menurutnya, komunikasi adalah pertukaran pesan antara komunikator dan komunikan melalui berbagai media, sementara public speaking adalah kegiatan berbicara di depan audiens dengan tujuan tertentu. Sara mendorong mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal agar dapat sukses dalam karir di masa depan.

Sebagai contoh praktik, seorang mahasiswa bernama Fani dari program studi Keperawatan mempraktikkan public speaking sebagai pembawa acara. Dia belajar cara berjalan, memegang mikrofon, tersenyum, menatap audiens, dan artikulasi saat memimpin sebuah acara. Praktik ini dipandu langsung oleh Sara.

Hendro Susilo, seorang humas dari SMA Muhammadiyah yang diundang oleh ITS PKU sebagai mitra, mengungkapkan kegembiraannya atas undangan tersebut. Menurutnya, program public speaking bagi organisasi mahasiswa akan membawa manfaat bagi pengembangan karir. Melalui kehadiran sekolah mitra, ITS PKU turut menyebarkan manfaatnya untuk pengembangan sekolah mitra tersebut.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE