AUMBerita

Inspiratif! Siswa SMP UMP Jadi Relawan Hijau di Festival Balon Udara!

PWMJATENG.COM, Banyumas – Guru dan siswa SMP Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menunjukkan komitmen luar biasa terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan dengan menjadi relawan hijau dalam acara Festival Balon Udara di UMP. Acara yang berlangsung pada hari Ahad, 26 Mei 2024 ini menjadi ajang nyata bagi SMP UMP untuk mengajarkan kesadaran lingkungan dan tanggung jawab pengelolaan sampah kepada para siswa.

Partisipasi SMP UMP sebagai relawan hijau adalah bagian dari upaya pendidikan sekolah yang menekankan pentingnya menjaga lingkungan. Para siswa diberi pemahaman tentang pentingnya tindakan nyata dalam melindungi alam sekitar dan menjaga kebersihan lingkungan.

Para relawan dari SMP UMP aktif mengelola sampah yang dihasilkan selama festival. Mereka bertugas mengumpulkan dan memilah sampah, memastikan area acara tetap bersih dan nyaman bagi pengunjung. Kegiatan ini memberikan pengalaman praktis sekaligus mengajarkan nilai-nilai tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap lingkungan kepada siswa.

Kepala SMP UMP, Bayu Dwi Cahyono, menjelaskan bahwa partisipasi dalam kegiatan ini merupakan bagian dari kurikulum sekolah yang menekankan pentingnya pendidikan lingkungan.

“Kami ingin membentuk generasi muda yang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Kegiatan seperti ini sangat efektif dalam memberikan pengalaman langsung kepada siswa tentang bagaimana mereka bisa berkontribusi positif terhadap lingkungan,” ujarnya.

Salah satu siswa, Meisara Nada Nadifa, mengungkapkan rasa bangganya bisa terlibat dalam kegiatan ini.

Baca juga, Muhammadiyah: Iduladha 2024 Jatuh pada 17 Juni

“Saya senang bisa ikut serta sebagai relawan hijau. Ini mengajarkan saya banyak hal tentang pengelolaan sampah dan pentingnya menjaga kebersihan. Saya berharap bisa terus melakukan hal-hal positif untuk lingkungan,” katanya.

Festival Balon Udara di UMP tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga wadah edukasi bagi masyarakat, khususnya generasi muda, tentang pentingnya kepedulian terhadap lingkungan. Dengan partisipasi sekolah-sekolah seperti SMP UMP, diharapkan pesan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dapat lebih luas tersebar dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara ini menjadi bukti nyata bahwa pendidikan lingkungan bisa diajarkan dengan cara yang menyenangkan dan langsung diimplementasikan. Para siswa belajar bahwa menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan bukan hanya tugas orang dewasa, tetapi juga tanggung jawab mereka sebagai generasi penerus.

Dengan keberhasilan acara ini, SMP UMP membuktikan bahwa sekolah bisa menjadi agen perubahan yang efektif dalam menciptakan kesadaran lingkungan di kalangan generasi muda. Keterlibatan aktif dalam kegiatan sosial seperti ini membentuk karakter siswa yang peduli dan bertanggung jawab, serta siap menjadi pemimpin masa depan yang mencintai lingkungan.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE