AUMBerita

Gelar Wisuda! Pondok Pesantren Quran Ahmad Dahlan Ponorogo Cetak Generasi Unggul

PWMJATENG.COM, Ponorogo – Pondok Pesantren Quran Ahmad Dahlan di Ponorogo terus menunjukkan perkembangan yang mengesankan. Hal ini disampaikan oleh Imam Mujahid, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Ponorogo, dalam sambutannya pada acara wisuda santri tahun ini.

Dalam pidatonya, Imam Mujahid menyampaikan kebanggaannya atas wisuda 11 santri putra dan 8 santri putri dari jenjang SMA. “Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi pondok pesantren, mengingat tujuan utama didirikannya pondok ini adalah untuk memberikan pendidikan holistik bagi para santri,” ujarnya.

Beliau juga menambahkan bahwa pondok pesantren ini awalnya hanya fokus pada pembelajaran Alquran. “Dulu, pondok ini hanya fokus pada pembelajaran Alquran. Namun sekarang, kami dapat memberikan ilmu-ilmu keislaman secara lebih komprehensif karena memadukan pendidikan formal dan non-formal,” jelas Imam Mujahid.

Selain itu, pondok pesantren ini juga tengah mengembangkan sarana dan prasarana. Salah satu proyek utama adalah pembangunan masjid yang akan dimanfaatkan untuk kegiatan pondok, termasuk Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan kantor pondok. “Kami mendapatkan dukungan dana dari BUMN setempat untuk pembangunan masjid ini. Mudah-mudahan dengan selesainya pembangunan, pondok pesantren kami bisa semakin maju dan memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi masyarakat,” harap Direktur PPTQ Ahmad Dahlan Ponorogo.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ponorogo juga menyampaikan apresiasi kepada para wali santri yang telah mempercayakan pendidikan anak-anak mereka di Pondok Pesantren Quran Ahmad Dahlan. “Kerja sama antara pihak pondok dan wali santri akan terus dipertahankan demi kemajuan bersama,” tambahnya.

Baca juga, Muhammadiyah: Iduladha 2024 Jatuh pada 17 Juni

Dengan semangat dan upaya yang terus dilakukan, Pondok Pesantren Quran Ahmad Dahlan Ponorogo diharapkan dapat menjadi institusi pendidikan Islam yang semakin berkualitas. Imam Mujahid menekankan pentingnya pendidikan karakter dan partisipasi aktif siswa dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat. “Kami ingin membentuk generasi muda yang tidak hanya unggul dalam ilmu agama, tetapi juga mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” tuturnya.

Seorang santri, Meisara Nada Nadifa, menyampaikan rasa bangganya telah menimba ilmu di pondok pesantren ini. “Saya sangat bangga bisa belajar di sini. Pondok ini mengajarkan saya banyak hal, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum,” ungkapnya.

Pondok Pesantren Quran Ahmad Dahlan Ponorogo tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kehidupan dan tanggung jawab sosial. Dengan adanya pengembangan sarana dan prasarana serta dukungan dari berbagai pihak, pondok pesantren ini diharapkan dapat terus mencetak generasi yang unggul dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Dengan demikian, Pondok Pesantren Quran Ahmad Dahlan Ponorogo membuktikan bahwa mereka mampu bersaing dan berkembang dalam memberikan pendidikan yang holistik dan berkualitas, sekaligus berkontribusi positif bagi masyarakat sekitar.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE