BeritaKabar Daerah

Inilah Nahkoda Baru PRM dan PRA Kaligadung Periode Muktamar ke-48

PWMJATENG.COM, Brebes – Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Kaligadung Cabang Bumiayu menggelar Musyawarah Ranting (Musyran) sebagai langkah strategis untuk melakukan pergantian kepemimpinan. Acara ini diselenggarakan di Masjid al-Ikhlas Kaligadung, Penggarutan, pada Jumat, 3 November 2023.

Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Kaligadung ini mengangkat tema “Membangkitkan Ranting Kaligadung Makin Cemerlang.” Acara dibuka langsung oleh Ketua PCM Bumiayu, Drs. H. Sukmono.

Rosi Ibnu Hidayat, S.Kom.I, M.Sos, yang menjabat sebagai Kepala Desa Penggarutan, menyampaikan apresiasi dari Pemerintah Desa Penggarutan terkait keberadaan dua Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah di wilayah desanya, yaitu Ranting Penggarutan dan Ranting Kaligadung. Keberadaan ranting-ranting ini dianggap sangat membantu pemerintah desa dalam upaya pemberdayaan dan pencerahan masyarakat di berbagai bidang yang dikelola oleh warga persyarikatan.

Pemerintah Desa Penggarutan merasa beruntung memiliki Persyarikatan Muhammadiyah sebagai mitra yang setia dalam membangun desa Penggarutan. Mereka berharap agar kegiatan musyawarah ini dapat menghasilkan pimpinan yang lebih progresif dalam penyebaran dan pengembangan gerakan dakwah yang berdaya guna, mendorong, dan menguatkan gerakan dakwah Islam.

Baca juga, Muhammadiyah Jateng Expo (MJE) 2023: Wadah Kreativitas dan Bisnis Unggulan

Ketua PCM Bumiayu, Drs. H. Sukmono, mengatakan bahwa pelaksanaan Musyran Kaligadung merupakan langkah yang tepat dan sudah saatnya dilaksanakan. Hal ini sejalan dengan rencana PCM Bumiayu untuk mengadakan pengukuhan bersama untuk 24 Pimpinan Ranting pada minggu kedua bulan November. Kehadiran ranting-ranting ini dianggap sangat penting dalam pengembangan Cabang dan Daerah agar semakin kuat, berakar, dan meluasnya gerakan dakwah hingga ke lapisan masyarakat terendah.

Musyawarah Ranting dilaksanakan dengan tahapan pemilihan calon formatur. Terpilih 9 formatur untuk Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) dan 5 formatur untuk Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA). Tim formatur akan melakukan musyawarah untuk menetapkan Ketua dan Sekretaris Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Kaligadung untuk periode 2022-2027.

Hasil dari pemilihan PRM Kaligadung Cabang Bumiayu Daerah Brebes menghasilkan 9 formatur dengan perolehan suara sebagai berikut: Slamet Riyadi (33 suara), Beni Agung Fikri, S.Pd.I (29 suara), H. Warno, M.Pd (27 suara), Waad (26 suara), Mas’ud, S.Pd.I (23 suara), Sahroni, S.Pd (23 suara), Arif (21 suara), Amir Hamzah (17 suara), dan Ali Saifudin (17 suara). Sementara itu, hasil pemilihan PRA Kaligadung menghasilkan 5 formatur yang terpilih, yaitu Ana Rapita (27 suara), Nur Aeni (26 suara), Hj. Rokhanah (22 suara), Sumarni (18 suara), dan Yuli Puji Astuti (16 suara), seperti yang dijelaskan oleh Wa’ad, Ketua Panitia Pemilihan.

Setelah melalui proses perundingan dan musyawarah yang dinamis selama pemilihan, akhirnya 9 formatur PRM Kaligadung menyepakati Slamet Riyadi sebagai Ketua, didampingi oleh Beni Agung Fikri, S.Pd.I sebagai Sekretaris dan H. Warno, M.Pd sebagai Bendahara PRM Kaligadung periode 2022-2027. Sedangkan 5 formatur PRA Kaligadung menunjuk Nur Aeni sebagai Ketua dan Yuli Puji Astuti sebagai Sekretaris, sesuai dengan keputusan yang diambil oleh Ketua Panitia Pemilihan, Wa’ad.

Acara pembukaan Musyawarah Ranting ini dihadiri oleh Pleno PCM dan PCA Bumiayu. Pleno PCM Bumiayu terdiri dari Drs. H. Sukmono (Ketua), Drs. H. Abdul Mufti (Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Wakaf), dan Emmi Fathun Najah, ST, MBA (Wakil Ketua Bidang MPI). Sementara itu, pleno PCA Bumiayu yang turut hadir meliputi Siti Eviatun Amanah, S.Ag, S.Pd (Wakil Ketua I), Hj. Laely Usriyah (Ketua Majlis Tabligh), dan Heri Murwati, S.Pd (Bendahara Majelis Kesehatan). Hadir juga Kepala Desa Penggarutan, Rosi Ibnu Hidayat, S.Kom.I, M.Sos, serta para kepala AUM.

Kontributor: Tarqum Aziz
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.