Kabar DaerahPWA Jateng

Ikuti TOT Baitul Arqom, MPK PWA Jabar Siapkan Trainer Adaptif di Era Disrupsi

PWMJATENG.COM, Semarang – Majelis Pembinaan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Barat periode 2022-2027 mengikuti Training of Trainer (ToT) Baitul Arqom yang diselenggarakan oleh MPK PP ‘Aisyiyah. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat hingga Ahad (24-26/5) di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBMP), Jl. Kyai Mojo Srondol Kulon, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

Perkaderan ini mengusung tema “Baitul Arqom sebagai Upaya Peneguhan Ideologi Kader ‘Aisyiyah dalam Mewujudkan Agilitas Organisasi yang Mampu Beradaptasi dengan Perubahan di Era Disrupsi” dan dilakukan secara hybrid (online dan offline). Baitul Arqam Nasional diselenggarakan pada 4-5 Mei 2024 melalui Zoom Meeting, Google Classroom, dan WhatsApp Group, sementara ToT dilaksanakan secara offline.

Kegiatan ini diikuti oleh MPK PWA dari seluruh Indonesia. ToT dibagi menjadi empat regional. Regional 1 meliputi PWA Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bengkulu, dan Riau yang dilaksanakan di Riau pada 19-21 Juli 2024. Regional 2 meliputi PWA Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur yang dilaksanakan di Jawa Tengah pada 24-26 Mei 2024. Regional 3 meliputi PWA Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, NTB, dan NTT yang dilaksanakan di Bali pada 5-7 Juli 2024. Regional 4 meliputi PWA Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Gorontalo, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Papua Barat Daya yang dilaksanakan di Makassar pada 9-11 Mei 2024.

MPK PWA Jawa Barat mengikuti ToT pada regional 2. Materi yang disajikan meliputi:

  1. Dinamika Pengkaderan ‘Aisyiyah.
  2. Sistem Perkaderan ‘Aisyiyah.
  3. Perkaderan Cabang dan Ranting.
  4. Pengembangan Thaharatul Qulub.
  5. Merancang Outbound.
  6. Need Assessment Pelatihan.
  7. Strategi dan Metode Pelatihan.
  8. Assessment dan Evaluasi.
  9. Manajemen Pelatihan.
  10. Mengembangkan Desain Baitul Arqam.
  11. Praktik Desain Baitul Arqam.

Baca juga, Hukum Kurban Sapi atau Unta untuk 7 Orang

Selain itu, ada pula presentasi yang meliputi: Baitul Arqam Pimpinan, Baitul Arqam AUA, Baitul Arqam ORTOM, TOT Baitul Arqam, Baitul Arqam Camp, serta Microteaching dan diakhiri dengan Outbound.

Hadir membuka acara, Siti Aisyah mewakili Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah. Bertindak sebagai Master of Training (MoT) Erni Zurriyati, sekretaris Training Ninin Karlina, Imam of Training (IoT) Husnul Khotimah, dan fasilitator Dede Dwi Kurniasih.

Ketua MPK PWA Jawa Barat, Dewi Mulyani, berharap dengan mengikuti kegiatan ini, PWA Jawa Barat mampu mengembangkan potensi dan keterampilannya sebagai fasilitator Baitul Arqam. Lebih lanjut, Wakil Ketua PWA Jawa Barat koordinator bidang MPK PWA Jawa Barat, Mulyati, menyampaikan harapannya agar PWA Jawa Barat dapat segera melaksanakan rencana tindak lanjut, mengadakan pengkaderan (BA) secara masif di lingkungan ‘Aisyiyah Jawa Barat dalam waktu dekat.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, ‘Aisyiyah Jawa Barat diharapkan mampu beradaptasi dan berkembang dalam menghadapi perubahan di era disrupsi. Kegiatan pengkaderan ini menjadi langkah strategis dalam memperkuat ideologi dan meningkatkan keterampilan para kader, sehingga siap menghadapi tantangan zaman.

Kontributor : Enuy Nurjanah
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE