BeritaKabar Daerah

Hari Bermuhammadiyah, Majelis PKU dan Kesejahteraan Sosial PCM Kartasura Gelar Baksos

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Pada Hari Ahad, 5 November 2023, Majelis PKU (Pembinaan Pelayanan Umat) dan Kesejahteraan Sosial PCM Kartasura menyelenggarakan Bakti Sosial (Baksos) dalam rangka Hari Bermuhammadiyah. Kegiatan Baksos ini melibatkan pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis, dan penyaluran paket sembako kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut berlangsung di Perguruan Muhammadiyah Cabang Kartasura, Jl. Slamet Riyadi Kartasura. Acara Baksos ini juga menjadi bagian dari Pengajian Rutin Ahad Kliwon Majelis Tabligh PCM Kartasura yang dihadiri oleh Dr. Abdullah Mahmud M.Ag sebagai penceramah.

Mengusung tema “Menyehatkan dan Menyejahterakan Umat,” Baksos ini merupakan hasil kerja sama antara RS PKU Muhammadiyah Kartasura, BMT Amanah Ummah, dan LazisMu. RS PKU Muhammadiyah Kartasura bertanggung jawab atas pemeriksaan kesehatan, BMT Amanah Ummah mendukung dengan donasi, sementara LazisMu mengelola pelaksanaan pembagian paket sembako.

Dr. Abdullah Mahmud M.Ag, sebagai penceramah dalam Pengajian Rutin Ahad Kliwon, menekankan pentingnya semangat berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan dan bakti sosial, terutama dalam rangka Hari Bermuhammadiyah. Ia berharap agar warga Muhammadiyah lebih semangat dalam menghadiri setiap kegiatan keagamaan dan memanfaatkan kesempatan untuk berbakti kepada sesama.

Baca juga, Muhammadiyah Jateng Expo (MJE) 2023: Wadah Kreativitas dan Bisnis Unggulan

“Mudah-mudahan warga Muhammadiyah itu lebih semangat dalam menghadiri setiap kegiatan, selain dengan pembinaan umat melalui pengajian juga adanya bakti sosial yang di laksanakan oleh Majelis PKU dan Kesejahteraan Sosial,” ucap Mahmud.

Ketua Majelis PKU dan Kesejahteraan Sosial PCM Kartasura, Prof. Dr. dr. EM Sutrisna, M.Kes, menjelaskan bahwa kegiatan Baksos ini merupakan bagian dari program kerja Majelis PKU. Selain kegiatan Baksos, MPKU juga berencana merevitalisasi RS PKU Muhammadiyah Kartasura untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

“Kita akan mengagendakan kegiatan baksos ini rutin setiap 3 atau 4 bulan sekali dengan keliling ke ranting-ranting di wilayah cabang Muhammadiyah Kartasura, sekaligus agar lebih efektif kegiatan baksos ini menggandeng Majelis Tabligh dengan kegiatan pengajian yang sudah rutin terlaksana,” ungkap Prof. EM Sutrisna yang juga merupakan Wakil Rektor IV UMS.

Koordinator pelaksana kegiatan, Tri Nur Wahyudi, S.Pd, MM, menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan Baksos ini adalah untuk berdakwah dan menjalin silaturahmi di antara warga Muhammadiyah Kartasura. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat kesehatan rohani melalui pengajian rutin dan kesehatan jasmani melalui pemeriksaan kesehatan. Pembagian paket sembako juga diharapkan dapat memberikan bantuan ekonomi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, sekitar 80 orang mengikuti pemeriksaan, termasuk pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol, tensi, serta pemberian obat dan vitamin. Sementara itu, pembagian paket sembako mencakup 120 paket sembako yang berisikan beras, minyak, gula, dan kecap senilai 100 ribu rupiah per paket.

Salah satu peserta pemeriksaan kesehatan gratis, Sri Sujiyani, menyambut baik kegiatan Baksos ini dan berharap agar kegiatan seperti ini dapat sering dilaksanakan, khususnya pemeriksaan kesehatan gratis. Ia merasa terbantu dengan hasil pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat dan vitamin yang diterimanya.

Kegiatan Baksos ini mencerminkan semangat gotong royong dan kepedulian sosial yang selalu dianut oleh Muhammadiyah, serta menjadi contoh nyata bagaimana organisasi ini aktif berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

Kontributor: Heru Kusmawan
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.