AUMBerita

Cegah Anemia, Dosen UMKU Sosialisasikan Menu Sehat di Panti Asuhan

PWMJATENG.COM, Kudus – Tim dosen dari Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) memberikan kontribusi berharga melalui kegiatan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Aisyiyah Kudus pada 27 Mei 2024. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan anak-anak panti asuhan dengan edukasi tentang menu sehat anti anemia.

Tim yang terdiri dari ahli gizi dan bidan dengan penuh semangat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada penghuni panti asuhan mengenai pentingnya pola makan sehat untuk mencegah anemia, khususnya bagi para remaja.

“Anemia merupakan kondisi yang sering dijumpai pada remaja dan dapat berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan mereka. Oleh karena itu, kami memberikan penyuluhan dan pelatihan pembuatan menu ‘Egg Chicken Roll’,” kata Purbowati. Menurutnya, menu tersebut memiliki kandungan zat besi yang proporsional, yang penting untuk mencegah anemia yang bisa mengganggu kemampuan belajar dan konsentrasi.

Fania Nurul, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, mengapresiasi dukungan dari Universitas Muhammadiyah Kudus dan Litbang Majelis Dikti PP Muhammadiyah. “Kegiatan pengabdian masyarakat ini didukung penuh oleh kampus dan Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat langsung bagi komunitas guna mendukung kesehatan masyarakat,” ungkapnya. Selain dua dosen tersebut, dosen ahli gizi lainnya yang turut serta dalam kegiatan ini adalah Septiani.

Baca juga, Hukum Kurban Sapi atau Unta untuk 7 Orang

Chayra, salah satu peserta pelatihan, mengungkapkan rasa senangnya. “Saya jadi tahu tentang anemia dan cara mencegahnya,” tuturnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini, para remaja panti asuhan dan pengelola panti akan dapat menerapkan pola makan yang lebih sehat dan beragam, serta meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya nutrisi dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan demikian, anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Aksi nyata ini juga memperkuat hubungan antara universitas dan masyarakat, menciptakan sinergi yang saling menguntungkan dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Dengan keberhasilan kegiatan ini, Universitas Muhammadiyah Kudus menunjukkan komitmennya dalam memberikan dampak positif langsung bagi komunitas sekitar. Inisiatif ini juga diharapkan dapat menginspirasi institusi lain untuk melakukan hal serupa demi meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat luas.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE