AUM

Belum Genap Setahun Berdiri, UMUKA Jajaki Kerjasama ke Kota Reog

PWMJATENG.COM, Karanganyar – Kunjungan Universitas Muhammadiyah Karanganyar (UMUKA) ke Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) sepakati kerja sama Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah pada Selasa siang (03/01/2023).

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor UMUKA dan Rektor UMPO secara langsung di Gedung Rektorat Lantai 2 Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Rektor UMPO Ponorogo Dr. Happy Susanto, M.A., mendukung penuh inisiatif kerja sama Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah antara UMPO dan UMUKA. Menurutnya, melalui kerja sama ini dapat meningkatkan pengetahuan bagi sivitas akademika untuk memajukan perguruan tinggi.

“Kami ucapkan selamat datang rombongan dari Universitas Muhammadiyah Karanganyar di kampus Universitas Muhammadiyah Ponorogo, sebagai sesama kampus Muhammadiyah tentunya kami menyambut dengan senang hati dengan adanya kerja sama ini, kerja sama ini dapat meningkatkan pengetahuan bagi sivitas akademika dan kami berharap dapat berkolaborasi memajukan kampus kita masing-masing,” ujarnya.

Rektor UMUKA Karanganyar Dr. H. Muh Samsuri, M.S.I., mengatakan sangat berterimakasih atas diterimanya study banding ke UMPO Ponorogo dengan sangat baik dan merupakan kunjungan kampus yang ketiga perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) di Jawa Timur setelah sebelumnya di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) dan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya), selain itu Rektor UMUKA juga memohon bimbingan dan kolaborasi agar dapat mengakselerasi pengembangan perguruan tinggi.

Baca juga, Muhammadiyah Jateng Akan Gunakan Tanwir E-Voting pada Musywil Esok

“Pertama, kami ucapkan banyak terima kasih kami telah diterima (dan) disambut dengan sangat baik, terimakasih Pak Rektor UMPO Pak Doktor Happy Susanto, kunjungan atau study banding ini merupakan yang ketiga di kampus PTM Jawa Timur setelah sebelumnya di UMSIDA dan di UM Surabaya, kami merupakan kampus baru yang baru lahir belum lama, berdasarkan SK pada tanggal 19 Mei 2022, oleh karena itu kami memohon bimbingannya dan kolaborasinya terutama dalam hal Catur Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka mengakselerasi perkembangan kampus UMUKA, mohon doa restunya,” terangnya.

Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) tersebut mencakup Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, serta Al-Islam Kemuhammadiyahan. Kerjasama akan berlangsung hingga 5 tahun ke depan dan diharapkan dapat melahirkan implementasi nyata yang lebih bervariasi.

Adapun Kepala Biro Humas dan Kerjasama UMUKA, Muh Nurul Huda M.IP., menegaskan bahwa MoU antar kedua kampus ini akan ditindaklanjuti oleh lembaga, biro, fakultas, dan prodi yang terkait agar segera diimplementasikan secara bersama-sama oleh kedua belah pihak.

“Setelah ditandatangani langkah selanjutnya akan segera ditindaklanjuti dengan MoA atau perjanjian kerjasama turunan MoU oleh lembaga atau biro, fakultas, dan prodi-prodi yang berkaitan supaya segera terealisasi implementasi kolaborasi yang nyata antara UMUKA dan UMPO”, terangnya.

Adapun sejumlah jajaran pimpinan Universitas Muhammadiyah Karanganyar terlihat hadir diantaranya Rektor, Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, Dekan Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Kepala LPPM, dan Kepala Biro Humas.

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE