AUMTokoh

Bayu Dwi Cahyono: Sosok di Balik Kesuksesan SMP UMP

PWMJATENG.COM, Banyumas – Seorang mendedikasikan dalam ranah pendidikan yang menginspirasi, Bayu Dwi Cahyono, S.Pd., M.Pd., kini menjabat sebagai Kepala Sekolah Menengah Pertama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (SMP UMP). Alumni Gontor 2008 ini berhasil mencetak prestasi sebagai lulusan terbaik dengan predikat cumlaude dari Program Magister Manajemen Kebijakan dan Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga pada tahun 2017.

Dalam wawancara eksklusif di SMP UMP pada Kamis, 24 November 2023, Bayu Dwi Cahyono menceritakan perjalanan karir dan kontribusinya dalam dunia pendidikan. Sebagai Dosen Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, beliau juga pernah menjadi Pengajar Bahasa Arab di Ma’had Fastabiqul Khoirot.

Salah satu catatan penting dalam perjalanan kariernya adalah ketika Bayu Dwi Cahyono dipercaya sebagai Sekretaris PCM Kembaran Periode Muktamar 48, menunjukkan dedikasi dan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.

Karya-karya tulis Bayu Dwi Cahyono yang menginspirasi tak hanya terbatas pada buku, tetapi juga melibatkan dirinya dalam jurnal-jurnal ilmiah. Beberapa judul karya bukunya antara lain “Inspiring Curriculum” dan “Islam dan Ilmu Pengetahuan Matematika”. Sementara itu, karya jurnalnya mencakup “Manajemen Peningkatan Kompetensi Pendidik di Pondok Modern Gontor” dan “Manajemen Peningkatan Pengembangan Kewirausahaan Guna Peningkatan Kecakapan Hidup Santri di Gontor”.

Baca juga, Muhammadiyah dan Dialog Terbuka: Ujian Kualitas ‘Isi Kepala’ Capres-Cawapres Indonesia

Sebagai seorang pendidik, Bayu Dwi Cahyono mendedikasikan dirinya untuk memajukan dunia pendidikan dan membentuk generasi yang unggul, Islami, dan memiliki wawasan global. Visi tersebut tercermin dalam kepemimpinannya sebagai Kepala SMP UMP, tempat yang diyakininya dapat menjadi wahana pendidikan yang memberikan bekal komprehensif bagi siswa.

Dalam perannya di SMP UMP, Bayu Dwi Cahyono memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan optimal siswa. Semangatnya dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan ilmu pengetahuan menjadi salah satu poin kunci yang diusungnya, serta kecakapan dalam bidang manajerial juga tidak diragukan lagi.

Bayu Dwi Cahyono, dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang kaya, memberikan kontribusi besar dalam merumuskan kebijakan dan strategi untuk menghadirkan pendidikan berkualitas tinggi di SMP UMP. Dengan kepemimpinan yang visioner dan komitmen yang tinggi, SMP UMP menjelma menjadi sekolah baru yang bergairah untuk bersaing dan merebut wacana sekolah unggul di kawasan Banyumas.

Kontributor : Alvin Qodri Lazuardy
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE