AUMBerita

BAPS Wisuda Unimus: Mahasiswa Diberdayakan untuk Hadapi Dunia Kerja!

PWMJATENG.COM, Semarang – Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar kegiatan Baitul Arqom Purna Studi (BAPS) wisuda ke-42 pada tanggal 12–13 Februari 2024. Acara ini diikuti oleh 550 calon wisudawan/wati dari berbagai program studi, yang berlangsung di Gedung Kuliah Bersama (GKB) II Unimus.

Dalam tema “Meneguhkan Peran Alumni Unimus yang Profesional dan Berkemajuan”, Unimus berupaya memperkuat karakter dan kompetensi para calon wisudawan untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Universitas dalam meningkatkan kualitas lulusan serta memberikan bekal yang lebih kokoh bagi mahasiswa yang akan memulai babak baru dalam kehidupan mereka.

Wakil Rektor I Unimus, Prof. Dr. Budi Santosa, menyatakan, “Pendidikan bukan hanya tentang pengetahuan akademis, tetapi juga tentang pembentukan karakter dan kesiapan menghadapi tantangan di dunia nyata. Dengan program penguatan ini, kami berharap para calon wisudawan kami akan memiliki keunggulan kompetitif yang lebih dalam menghadapi persaingan di pasar kerja global.”

Baca juga, Jelang Hari Pencoblosan, Ketua PWM Jateng Berikan Nasihat untuk Segenap Masyarakat

Program penguatan karakter dan kompetensi ini mencakup berbagai pelatihan, seperti keterampilan komunikasi, kepemimpinan, manajemen waktu, dan etika kerja. Para calon wisudawan juga mendapatkan pembekalan mengenai adaptasi terhadap lingkungan kerja yang dinamis serta kemampuan untuk berkolaborasi dalam tim.

Rektor Unimus, Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd, menyampaikan, “Alumni harus memiliki jiwa profesional dan berkemajuan yang kompeten, komitmen, integritas, dan dedikasi yang tinggi serta lebih proaktif untuk berperan serta dalam kehidupan kemasyarakatan dalam rangka memberikan kontribusi berbangsa dan bernegara.”

Para mahasiswa merespon positif kegiatan ini, merasa bahwa mereka mendapatkan manfaat yang besar. “Saya merasa sangat bersyukur dapat mengikuti program penguatan ini. Ini membantu saya untuk lebih siap dalam menghadapi tantangan di dunia kerja nanti,” ungkap salah satu calon wisudawan.

Program penguatan karakter dan kompetensi bagi calon wisudawan ini merupakan salah satu dari berbagai inisiatif yang dijalankan oleh Universitas Muhammadiyah Semarang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan mereka. Melalui upaya-upaya seperti ini, universitas berharap dapat terus berkontribusi dalam mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di tingkat global.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE