Alokasikan 219 juta, Lazismu Pekalongan Beri Beasiswa Kepada 100 Siswa

PWMJATENG.COM, PEKALONGAN – Bulan Maret ini, Lazismu Pekalongan ‘punya gawe’ besar. Sebagai lembaga filantropi yang sangat memperhatikan pendidikan, Lazismu Pekalongan menyerahkan Beasiswa Mentari kepada 100 siswa tingkat TK, SD, SMP, SMA se-Kabupaten Pekalongan, Sabtu, 7 Maret 2020, di Aula BTM Pekalongan. Beasiswa tersebut merupakan beasiswa hingga siswa penerima lulus, bukan beasiswa sekali beri. Total nilai yang dianggarkan untuk beasiswa mentari di tahun 2020 adalah 219.600.000,- rupiah.

Siswa yang menerima beasiswa tersebut merupakan siswa yang berprestasi akademik maupun non akademik atau yang kurang mampu dan telah direkomendasikan oleh Kepala Sekolah. Rekomendasi dari Kepala Sekolah tersebut selanjutnya diseleksi dan disurvei oleh Kantor Layanan Lazismu setempat. Dari hasil survei ditetapkan penerima beasiswa sebanyak 96 siswa dari 30 sekolah TK, SD, SMP, SMA se-Kabupaten Pekalongan.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Pekalongan, Drs. H. Riyanto, menjelaskan kegiatan penyerahan beasiswa tersebut merupakan kelanjutan dari program yang telah dijalankan sebelumnya yaitu Program Filantropis Cilik dan Filantropis Muda di sekolah-sekolah yang telah bekerjasama dan bermitra dengan Lazismu Pekalongan. Program Filantropis merupakan program infaq yang sebagai sarana menumbuhkan kepedulian anak kepada sesama yang diajarkan sejak dari TK hingga setingkat SMA.

BACA JUGA  Unimus Lantik Pejabat Struktural

Program Filantropis Cilik disasarkan untuk tingkat TK dan SD, sementara untuk pelajar SMP dan SMA dalam bentuk Filantropis Muda. Dana yang terkumpul dari program tersebut disalurkan salah satunya dalam bentuk beasiswa kepada siswa-siswi berprestasi dan atau yang kurang mampu. “Kegiatan ini termasuk fondasi hablumminannas. Sejak tahun 2019 telah kita bangun kemitraan luar biasa dengan AUM dari TK, SD, SMP, MTs, SMA, SMK, MA atas ijin Majelis Dikdasmen sehingga kita semua bisa bersama-sama bersinergi membantu sesama”, papar Riyanto. Riyanto berharap kegiatan penyerahan beasiswa selanjutnya dapat dinikmati oleh lebih banyak siswa dan sekolah. Oleh karena itu Riyanto berpesan agar hasil infaq program filantropis dari siswa ataupun sekolah yang bermitra dengan Lazismu dapat semakin ditingkatkan.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menegah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pekalongan, H. Umbari Kusdiyanto, BA, dalam sambutannya berharap agar sekolah-sekolah Muhammadiyah memberi timbal balik dan mempunyai tanggung jawab kepada Lazismu Pekalongan agar penyaluran infaq ke Lazismu meningkat, salah satunya melalui kegiatan infaq Jum’at Serbu dan sebagainya. Umbari juga menyampaikan harapan agar problem-problem di sekolah Muhammadiyah seperti sumber daya manusia, pengelolaan sekolah yang mandiri dan unggul, dapat terbantu dengan sinergi bersama semua elemen Muhammadiyah.

BACA JUGA  Siswa SMK Muhammadiyah Lebaksiu Terapkan Gerakan Pelajar Sukses Berwirausaha

Penyerahan Beasiswa Mentari Lazismu Pekalongan secara simbolis ditandai dengan penyerahan mockup yang menunjukkan total nilai beasiswa yang akan diberikan selama Tahun 2020 dari Ketua Badan Pengurus, Drs. H. Riyanto, kepada Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Pekalongan, H. Umbari Kusdiyanto, BA, disaksikan oleh Ketua PDM Kabupaten Pekalongan, Drs. Mulyono. Beasiswa tersebut selanjutnya secara simbolis diteruskan kepada perwakilan masing-masing sekolah. Untuk tingkat TK penyerahan dilakukan oleh Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Pekalongan, Hj. Rumainur, Ketua PDM Drs. Mulyono selanjutnya menyerahkan beasiswa kepada 56 siswa SD, beasiswa untuk 13 siswa SMP diserahkan H. Umbari Kusdiyanto, dan beasiswa untuk 25 siswa SMA diserahkan Ketua Dewan Syariah Lazismu Pekalongan, Drs. H. Ahmad Sulaiman.

BACA JUGA  Ketua Lazismu: Jangan Sampai Petugas Lazismu Masuk Penjara!

Pada kesempatan tersebut, selain penyerahan secara simbolis Beasiswa Mentari, Lazismu Pekalongan juga memberikan penghargaan kepada Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Pekalongan yang telah menjadi mitra Lazismu dalam program filantropis bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah se-Kabupaten Pekalongan. Penghargaan tersebut diterima Ketua Majelis Dikdasmen H. Umbari. Lazismu juga memberi penghargaan kepada PDA Kabupaten Pekalongan yang telah menjadi mitra dalam program pemberdayaan UMKM melalui Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah (BUEKA) dan Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA), serta program peduli kesehatan melalui TB Care dan Gerakan Infak Sayang Ibu (GSI).

Penghargaan untuk PDA Kabupaten Pekalongan diterima oleh Ketua PDA Hj. Rumainur. Penghargaan Lazismu lainnya diberikan kepada Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Pekalongan yang telah menjadi mitra program peduli kesehatan melalui Pelayaan Remaja Sehat Milik Nasyiatul Aisyiyah (Pashmina) serta kepada Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) PDM Kabupaten Pekalongan yang menjadi mitra dalam program Indonesia Siaga melalui kegiatan Tanggap Bencana. Penghargaan untuk PDNA diterima Nihna Nurul, dan penghargaan LPB diterima komandan LPB M. Rofiansa Sulthon.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts