Yusuf Darmawan Minta Mapeta Jadi Media Alternatif dalam Menentukan Pilihan di Masa Depan

0
467

PWMJATENG.COM, KENDAL – Masa Pembekalan Anggota (Mapeta) Ikatan Pelajar Muhammadiyah adalah masa pembekalan yang diberikan kepada kelas paripurna sebelum meninggalkan almamater yang diselenggarakan sebagai salah satu media untuk mengetahui dan menentukan pilihan yang akan dihadapi dalam rangka menyongsong masa depan, maka Mapeta yang didalamnya terdapat materi – materi penting wajib diikuti dengan sebaik – baiknya.

Demikian dikatakan Kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Kendal H. Yusuf Darmawan, M.Pd  ketika membuka kegiatan Mapeta Kelas XII di sekolahan setempat Jum’at – Sabtu (7-8/4). Menurut beliau siswa kelas XII adalah kelas paripurna yang akan segera ditinggalkan dan memasuki salah satu dari dua dunia yang berdeda. “ Inilah pilihan kaliah yang sebentar lagi ada di depan mata, yaitu dunia kerja dan dunia pendidikan tinggi.” Katanya. Darmawan berharap kepada seluruh siswanya, jangan sampai memilih atau terjebak dengan ‘dunia lain’, yaitu memilih alam pengangguran.

Kegiatan Mapeta diikuti oleh 456 siswa dari seluruh juruan yang ada. Selama dua hari mereka ditempa dan diberi berbagai ilmu pengetahuan penting sebagai bekal setelah meninggalkan sekolahan dengan menghadirkan praktisi dunia industri, dunia perguruan tinggi,Al Islam dan Kemuhammadiyahan antara lain memilih dunia usaha yang tepat oleh H. Budiyanto Amalia, pengusaha pemilik toko elektronik dan mebel  terlengkap di pantura, strategi masuk perguruan tinggi, oleh Teguh Anindito, S,KM, M.Kep, dan H.Ihsan Intizam, Lc, M. Ag, penguatan ideologi Muhammadiyah disampaikan oleh Drs. A.Abdullah Sachur, M.Pd, kilas balik sejarah perjuangan Rasulullah oleh Usman Hasyim, BA,   kepemimpinan kaderisasi Muhammadiyah diampu oleh USDA el Ahmady, S.Pd.I, dan Dunia Industri oleh H. Tasin, S,Kom.

Turut hadir dan mendampingi selama kegiatan berlangsung yaitu, seluruh wali kelas XII, Waka bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan (Ismuha), H. Akhad Sulkhan, S.Pd, dan Wakasek bidang kesiswaan, Hendy Feryyanto, ST.

Memahami Mapeta sebagai kegiatan akhir, diharapkan seluruh siswa kedepannya bisa menjaga nama baik SMK Muhammadiyah 3 Weleri, “ Jaga nama baik almamater kalian dan berikan informasi kepada saudara dan tetangga yang akan melanjutkan pendidikan pasca SLTP memilih SMK Muhammadiyah 3 Weleri. “ pinta Hendy. Sedangkan Akhmad Sulkhan ketika dihubungi berharap agar setiap siswa mampu memberi manfaat kepada masyarakat. “ Jadikan diri kalian insan yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Ingat pesan Rasulullah, sebaik – baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi lainnya. “

Usai kegiatan Mapeta seluruh peserta berkunjung ke PAY Muhammadiyah Putra dan Aisyiyah Putri Weleri serta ke PAY Aisyiyah di desa Penaruban dan Sidomukti. Kehadiran mereka dalam rangka berbagi kepada sesama dengan memberikan mie instan 3 dus setiap PAY. (A. Ghofur/MPI Kendal)