Yazid Djamil: IS Menyerupai Ciri-ciri Kaum Khowarij

0
332

Pekalongan – Sekretaris Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Drs.H. Yazid Djamil, M.Pd menyatakan Islamic State (IS) seperti kaum Khowarij pada zaman khalifah Ali Bin Abu Thalib. Hal ini disampaikannya pada pengajian umum dan silaturrahim keluarga besar Muhammadiyah Kota Pekalongan di halaman Panti Asuhan Yatim (PAY) Muhammadiyah Kota Pekalongan, Sabtu (9/8).

Yazid Djamil menyatakan Islamic State (IS) menyerupai ciri-ciri kaum Khowarij, antara lain tidak bisa menerima kebenaran Islam orang lain dan kerapkali menggunakan cara-cara kekerasan yang tidak kenal kompromi dengan pihak lain. Hal ini berbeda dengan Muhammadiyah yang memperjuangkan Islam dengan cara yang menggembirakan dan tidak dengan cara radikal. Untuk itu, dirinya menyerukan agar seluruh warga MUhammadiyah untuk tidak terpengaruh dan terjebak dalam radikalisme yang dibawa IS terutama generasi muda. “Islamic State (IS) berpotensi merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. IS berpotensi menggangu keutuhan NKRI dan Pancasila,”imbuh Yazid.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pekalongan, H.M.Hasan Bisyri, M.Ag, menghimbau kepada seluruh warga Muhammadiyah se-Kota Pekalongan untuk kembali menggalakkan pengajian-pengajian diseluruh Cabang/Ranting  untuk dapat mengantisipasi masuknya ideologi IS di wilayah atau lingkungan warga Muhammadiyah Kota Pekalongan. (Fakhrudin/umm.ac.id)