Workshop PKM Saintek Universitas Muhammadiyah Purworejo Upgrade Kompetensi Mahasiswa

0
439

  PWMJATENG.COM, Purworejo – Mengambil lokasi di Ruang Seminar dalam rangkaian Pekan Ilmiah Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Purworejo, akhir pekan (29/4) melanjutkan dengan workshop penyusunan proposal program kreativitas mahasiswa. Dalam agenda kali ini dipaparkan secara teoritis dan konsultasi prraktis penyusunannya bersama beberapa dosen pembimbing. Diikuti oleh kurang lebih 150an orang.

Dalam paparannya, Dr. Sujarwo, M.Pd. Reviewer Nasional mejabarkan terkait tips dan trik penyusunan proposal program kreativitas mahasiswa. Juga diungkapkan pula kesalahan-kesalahan pengusul mahasiswa dalam penyusunan yang sering terjadi selama ini. “Mahasiswa pengusul harus lebih teliti dalam penyusunan proposal program kreativitas mahasiswa serta tingkat inovasi dan kekekreatifan ide dalam proposal yang diusul harus tidak luput dari ketelitian dan pertimbangan mahasiswa” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut ditambahkan mengenai penjelasan mendalam ciri khas kekhususan pada skim bidang penelitian, pengabdian masyarakat, teknologi, kewirausahaan dan karsa cipta.

“Acara workshop ini diharapkan mampu memotivasi mahasiswa untuk mau membuat proposal PKM, selain itu harapanya dengan dibekali tata cara membuat proposal jauh-jauh hari, Mahasiswa akan lebih siap dalam membikin proposal lebih baik, benar, layak dan mampu bersaing dengan proposal yang lain sehingga bisa lolos didanai pemerintah”ungkap Suyoto, M.Pd. Pembina UKM Sainstek UM Purworejo.

Disela-sela workshop ditambahkan sesi inspirasi oleh mahasiswa lolos pkm tahun 2017 dan dilanjutkan dengan diskusi pararel yg dibimbing oleh dosen yang telah berpengalaman membimbing pengusul mahasiswa dalam hal pengusul PKM yaitu Nur Ngazizah, S.Si., M.Pd. Riawan Purwoko, M.Pd. dan Suyoto, M.Pd. Hingga saat workshop berjalan masih berlangsung expo pkm yang lolos didanai.

“Harapan besar dengan penyelenggaraan workshop penyusunan proposal progam kreativitas mahasiswa benar-benar dapat membangun peradaban ilmiah di lingkungan universitas khususnya” ujar Istiqo Agus Wicaksono, S.P.,M.Sc. Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan.

Rep. : Akhmad M.