Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Muhammadiyah Kebumen

0
711

PWMJATENG.COM, Kebumen -Pendidikan merupakan hal fundamental bagi terwujudnya generasi bangsa yang berkualitas. Muhammadiyah merupakan organisasi masyarakat yang sangat konsen di bidang ini, bahkan sejak berdirinya pada tahun 1912 yang lalu, jauh sebelum Indonesia menghirup udara kemerdekaan, Muhammadiyah sudah memulainya.
Generasi yang berkualitas tidak lepas dari peran dunia pendidikan dan dunia pendidikan tidak lepas peran para Guru. Guru yang berkualitas merupakan modal penting untuk menghasilkan generasi yang berkualitas. Dan fenomena akhir-akhir ini, sering kita jumpai di berbagai media tentang berbagai kasus yang melibatkan anak-anak usia sekolah yang semakin meresahkan. Tindakan klriminal, tidak sopan terhadap guru, pergaulan bebas hingga terjangkit penyakit HIV/AIDS, bahkan ada yang tega melaporkan guru ke polisi, dan lain sebagainya. Tentu saja permasalahan-permasalahan tersebut penting untuk menjadi perhatian.

Oleh karena itulah, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Majelis Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kebumen menyelanggarakan kegiatan Workshop dan Simposium Peningkatan Kapasitas Guru dan Kepala Sekolah Se Kabupaten Kebumen, yang diselenggarakan selama dua hari, Sabtu-Ahad, 22-23 Oktober 2016, bertempat di STIKES Muhammadiyah Gombong.
Hadir dalam pembukaan acara, jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen, Ketua STIKES Muhammadiyah Gomboong selaku tuan rumah dan Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Kebumen, Bapak Drs. H. M. Priyono, MM.Pd, yang sekaligus diminta untuk membuka kegiatan tersebut mewakili Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kebumen yang berhalangan hadir.

Imam Robandi
Imam Robandi

Dalam sambutannya, Ketua PDM, K.H. Abduh Hisyam, S.Ag., menyampaikan bahwa, “Kegiatan semacam ini merupakan kegiatan penting yang harus diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah dan Guru-guru Muhammadiyah, terutama di Kebumen untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita”.
Sementara, Dari Dinas Dikpora melalui Drs. H. M. Priyono, MM.Pd., menyampaikan apresisasi yang tinggi terhadap kegiatan yang dilaksanakan tersebut. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa, “Hidup ini tidaklah hanya sekedar mencari dunia yang baik, tapi juga harus berupaya mendapatkan akhirat yang baik. Ladang untuk mendapatkan itu ada di Muhamamdiyah.

Persyarikatan Muhammadiyah adalah salah satu organisasi yang konsen dan konsisten di bidang Pendidikan, selain bidang yang seperti kesehatan, dan lainnya. Peningkatan kualitas menjadi hal penting untuk membentuk karakter siswa sebagai ladang untuk beramal sholeh, yang mudah-mudahkan akan membantu mendapatkan kebahagiaan dunia dan di akhirat kelak”.
Hadir juga enam orang pemateri pada kegiatan tersebut, yaitu dua orang sebagai pembicara di hari pertama dan tiga orang menjadi pemateri di hari kedua. Pemateri pertama, bapak Agus Sunaryo, M.Pd., yang juga Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kebumen, dengan meteri Peningkatan kapasitas Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru di lingkungan Sekolah/Madrasah Muhammadiyah. Beliau menyampaikan bahwa, “Seorang guru harus memiliki kompetensi mendidik. Mendidik bukan berarti hanya menyampaikan materi pelajaran, tapi juga bisa menjadi orang tua (kedua) setelah orang tuanya di rumah”.
Sesi kedua, kegiatan dipisah menjadi dua tempat. Guru-Guru Muhammadiyah di ruang utama dengan pembicara Dra. Hj. Sri Sujarotun, M.Pd., dengan materi Peningkatan kompetensi guru Sekolah/Madrasah Muhammadiyah untuk mewujudkan pelayanan pendidikan yang bermutu. Sementara Kepala Sekolah beserta Wakilnya ditempatkan di ruangan yang lain, dengan pembicara Bapak Danang Kusmanto, M.Si., dengan materi Peningkatan kapasitas Kepala Sekolah/Madrasah Muhamamdiyah untuk mewujudkan pelayanan pendidikan bermutu.
Hari kedua kegiatan, merupakan puncak acara yang disi oleh seorang Motivator Multitalenta, yang juga seorang kader Muhamamdiyah asli Kebumen yang telah melanglang dunia, yaitu Prof. Dr. Eng. Imam Robandi, M.T., yang juga Dosen ITS Surabaya, Ibu Heriyanti, S.Pd., M.M, dengan materi Membangun Budaya Sekolah Maju, dan pembicara terakhir adalah Bapak Suparman, S.Pd., dengan materi Membangun kemandirian Sekolah.
Prof. Dr. Eng. Imam Robandi, M.T., diantaranya menyampaikan bahwa, “Di era saat ini dan masa mendatang, seorang Guru dan Sekolah-sekolah Muhamamdiyah harus memiliki Branding, memiliki ciri khas dan bisa menyesuaikan diri terhadap kemajuan jaman. Artinya, guru dan sekolah-sekolah Muhammadiyah harus terus belajar, terus berinovasi.”

(IMAM)