Warga Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama Kebumen gelar Halalbilhalal Bersama

0
553

KEBUMEN – Kerukunan antarumat beragama sangatlah penting demi kemajuan Kabupaten Kebumen khususnya, bangsa Indonesia pada umumnya.
hal inilah yang memunculkan ide dari Bupati Kebumen M. Yahya Fuad untuk menginisiasi terselenggaranya acara Halalbihalal Warga Nahdlatul Ulama & Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen.
Acara tersebut terwujud pada Selasa (2/8/2016) malam di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen dengan dihadiri Ribuan Warga Muhammadiyah & Nahdlatul Ulama beserta ORTOM-nya dari tingkat Ranting (Desa) sampai dengan Pimpinan Daerah (Kabupaten) masing masing dari kedua ormas tersebut.
Mereka hadir dengan identitas masing masing sesuai ormasnya untuk kemudian membaur menjadi satu dalam suasana penuh keakraban karena sejatinya kita ini satu ikatan dalam ISLAM, hadir pula dalam kesempatan tersebut Bupati beserta Wakinya, Jajaran SKPD, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, & beberapa ormas Islam yang lain.
Acara dimulai dengan pembacaan Doa Ummul Kitab oleh KH. Mudhofir, BA (PD. Muhammadiyah Kebumen) kemudian dilanjutkan pembacaan ayat ayat Alqur’an (Taufikurohman, S.Pd.I), Sekapur Sirih Acara dari Panitia Penyelenggara Halal Bil Halal NU & Muhammadiyah Dr. Imam Satibi, M.Pd.i (Ketua Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen), Sambutan Ketua PD. Muhammadiyah Kebumen Abduh Hisyam, M.Si, Sambutan Ketua PC.
Nahdlatul Ulama yang di wakili oeh Kyai Sufyan Al-Hasan Pengasuh PonPes Al-hasan Jatimulyo Alian Kebumen.
Dalam sambutan nya Ketua PD. Muhammadiyah Kebumen, Abduh Hisyam mengungkapkan acara ini adalah sejarah baru di Kebumen karena baru pertama kali diadakan. “Ini pantas ditorehkan dengan tinta emas di dalam buku sejarah kabupaten Kebumen,” tegasnya.
Hisyam  juga menceritakan bahwa Pasangan Bupati & Waki Bupati terpiih Kebumen saat ini adaah Kader kader terbaik dari kedua Ormas tersebut. Di mana, sebelum menjabat sebagai Bupati Kebume,n M. Fuad Yahya adalah Ketua PC Muhammadiyah Gombong & juga Ketua Bidang Majelis Ekonomi & Kewirausahaan PD. Muhammadiyah periode 2010-2015. Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz adalah salah satu pengurus PC. Nahdlatul Ulama dan juga anggota DPR RI dari PKB periode 2009-2014.
“Kegiatan ini ke depan nya semoga dapat berjaan terus walaupun jika di kemudian hari Bupati & Wakil bukan dari Muhammadiyah – NU, sekarang suasana sudah mencair melebur jadi satu daam suasana ukhuwah islamiyah, pemimpin cenderung berpihak pada rakyat & acara ini sebagai ujud nyata perjuangan sewaktu Pilkada kemarin” ujar bupati kebumen dalam sambutan nya.
NU & Muhammadiyah adalah gerakan organisasi masyarakat yang sangat lah berpengaruh besar di dalam tatanan negara Indonesia hal tersebut diungkapkan pada sambutan Ketua PC. NU Kebumen (KH. Maskur Rozak) yang disampaikan & diwakili oleh Kyai Al Hasan “Baik NU ataupun Muhammadiyah tidak ada beda di mata Allah, semua sama, karena dari mulai shlaat, syahadat, Rasul, Kitab semua sama tidak ada beda jadi sudah selayaknya kita bersatu membangun kabupaten kebumen ini untuk menjadi Beriman & terbaik baik di mata warga kebumen khususnya & penduduk Indonesia pada umumnya”
Di dalam acara tersebut dilaksanakan juga penandatangan Piagam Kesepakatan bersama dari Nahdlatul Uama & Muhammadiyah untuk menjaga kerukunan, keamanan serta kenyamanan warga Kabupaten Kebumen disaksikan serta ditandatangani langsung oeh Ketua Umum PD. Muhammadiyah Kebumen, Rois Syuriah PC. NU Kebumen, Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD , KAPORES, Komandan KODIM 0709.
Kemudian acara dilanjutkan dengan Hikmah Halal Bil Halal oleh Ketua MUI Kab. Gunung Kidul Drs. KH. Bardan Usman, MA & acara di akhiri dengan Doa Penutup oleh KH.Wahib Mahfudz (Rois Syuriah NU Kebumen). (Quraluzh/MPI PDMKebumen)