Usai Gelar Pengajian, PCM Rowosari Tebar 5 Kwintal Lebih Beras Untuk Kaum Dhuafa’

0
85

PWMJATENG.COM, KENDAL – PCM Rowosari melalui Lazismu Cabang dan Majelis Pelayanan Sosial membagikan beras sebanyak 5 kwintal lebih kepada 102 orang dhuafa’ yang ada di 13 PRM se Cabang Rowosari, masing-masing menerima 5 kg. Kegiatan tersebut berlangsung Ahad pagi (6/10) di halaman Kantor Kecamatan Weleri.
Kegiatan pembagian beras tersebut diawali dengan pengajian yang menghadirkan ketua PDM Kab. Tegal, KH. Harun Abdul Manaf.

Beliau mengatakan, kebutuhan hidup dalam rumah tangga adalah naluri, kebutuhan setiap manusia yang menginginkan keberlangsungan generasi masa depan yang sah, sehat dan berpendidikan baik.

“Jalinan kasih sayang antara suami – istri, saling menghormati, mampu melaksanakan hak dan kewajibannya masing-masing, dan mampu menjaga kerahasiaan masing-masing adalah salah satu kunci kebahagiaan keluarga” kata Harun.

Beliau mengajak dalam kehidupan berumah tangga disesuaikan dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah.

“Rasulullah Muhammad SAW memiliki gelar sebagai ‘uswatun khasanah’. Kepribadiannya yang begitu mulia menjadi teladan bagi setiap muslim” ujarnya.

TAUSIAH. Ketua PDM Kab.Tegal, KH.Harun Abdul Manaf menyampaikan tausiah di hadapan jamaah pengajian Ahad pagi PCM Rowosari (foto dok dyah)

“Teladan yang diajarkan Rasulullah tidak hanya sebatas pada persoalan ibadah. Hal itu mencakup juga pada hubungan antar manusia, terutama dalam membina rumah tangga” lanjutnya.

Ustadz Harun menjelaskan, dalam hal rumah tangga, Rasulullah ternyata memiliki sifat santun dan penyayang. Bahkan, Rasulullah tidak segan membantu istri-istrinya mengerjakan pekerjaan rumah tanpa harus diminta.

“Rasulullah adalah suami yang sangat meninggikan kedudukan para istrinya dan amat menghormati mereka. Kepada para istrinya bersifat lembut dan kasih sayang” ungkapnya.

Menurutnya, anak adalah karunia dari Allah Ta’ala. Sebagai orang tua sudah seharusnya kita menjaga anak dengan sebaik mungkin. Memenuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya. Serta memberikan pendidikan untuk bekal masa depannya agar si anak bisa menjadi pribadi yang cerdas dan berakhlakul karimah. Sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau memberikan contoh yang baik dalam mendidik anak.

“Beliau dikenal penyayang dan penyabar. Tidak suka membentak anak. Namun juga tegas dalam urusan agama’ ungkapnya lagi sambil menyitir sebuah hadits, “Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.”

Sedangkan Ketua PCM Rowosari, H. Jumali mengatakan pengajian kali ini dinilai cukup istimewa, selain dihadiri lebih dari 500 anggota jamaah juga ada santunan untuk kaum dhuafa’.

“Untuk Ahad pagi ini kami membagi beras untuk dhuafa’. Masing-masing menerima 5 kg beras berkualitas baik” kata Jumali.

Beliau merencanakan ke depan penyantunan kepada kaum dhuafa’ berkelanjutan, mereka tidak sebatas menerima beras, tetapi ada sembako lainnya, sehingga mereka lebih senang dalam menerima santunan. (Dyah/MPI Kendal)