Unit Layanan LAZISMU Gebang Rencanakan Tasyaruf Pemberdayaan

0
737
DCIM161MEDIA

PWMJATENG.COM, Purworejo – Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gebang melalui Unit Layanan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah Gebang mentasyarufkan penerimaan zakat semenjak didirikan pada pertengahan tahun lalu pada 22 Juni 2016 dalam Pengajian Ahad Pagi di Masjid Al Hijrah Desa Rendeng Gebang Purworejo, Ahad (11/6/2017). Pengajian ahad kali ini diisi oleh Samsul Hadi, M.Kes. membahas kesehatan dalam bulan Ramadhan. Disampaikan oleh Dwi Susanto Ketua Unit Layanan LAZSIMU Gebang bahwasanya pentasyarufan yang dilakukan ini merupakan yang pertama kalinya.

“Tasyaruf zakat ini perdana dilakukan dalam bidang pendidikan pada 7 pimpinan ranting di cabang Gebang dengan masing-masing 3 orang, dhuafa`, renovasi gedung TK ABA dan santunan guru TK/PAUD Aisyiyah”,ujar Dwi Susanto.

Penerimaan zakat per Juni 2017 pada unit layanan ini mencapai Rp 10.400.000,00 dan ditasyarufkan pada periode pertama ini sejumlah Rp 7.400.000,00.

“Ke depan direncanakan pentasyarufan akan melebar pada pemberdayaan masyarakat yakni meliputi petani, pedagang, mubaligh, guru pendidik di amal usaha. Petani dalam usaha pertaniannya, pedagang akan dibina dalam usaha ekonominya yag tentunya harapannya dapat mendukung usaha serta mencerahkan kehidupannya,”ungkapnya.

Bersamaan dengan pentasyarufan yang dilaksanakan juga, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gebang kedatangan Tim Silaturahmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Purworejo dengan dikoordinatori oleh H. Dandung Danadi beserta dengannya Majelis Wakaf, Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan serta Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting. Dalam selaturahmi disampaikan hal-hal terkait program-program pimpinan. Dari Majelis Wakaf dipaparkkan mengenai proses pendataan, sumber daya pengelola, proses sertifikasi dan sekitarnya. Sedangkan Lembaga Pengembang Cabang dan Ranting menjelaskan berkaitan pendataan ranting, pengembangannya, kaderisasi yang jalan, evaluasi dan sumber daya potensinya. Dan Majelis Ekonomi Kewirausahaan memaparkan program ekonomi yakni inisiasi wirausahawan baru, pembuatan usaha yang berorienasi bisnis profit oriented, pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bekerja sama dengan Dinas Sosial dan Dinas Koperasi.

“Kunjungan silaturahmi dari tim PDM Kab. Purworejo sebagai momentum silaturahmi sekaligus memaparkan program yang berkeaitan dengan pimpinan cabang, juga menyerap aspirasi dari anggota untuk pengembangan persyarikatan,”ungkap H. Dandung Danadi.

Lanjut, agenda yang diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan bulan ramadhan kali ini diselenggarakan Shalat tarawih dan ceramah di masjid serta mushola setiap ranting, tarawih silaturahmi ke ranting, tadarus Al Quran, kajian subuh dan kajian ahad pagi. “Dengan program tersebut diharapkan dapat meningkatkan ketaqwaan umat muslim mukmin kepada Allah Swt. Sehingga bulan Ramadhan ini dapat menjadi sarana mencapai tujuan taqwa serta mendapatkan ampunan. Juga bias mengendalikan diri kita dari perbuatan yang dilarang seperti dengki, hibah dan yang lainnya,”pungkas H. Toyib Ketua PCM Gebang dalam wawancara ketika ditemui redaksi. (akhmad musdani)