Unimus Sabet Juara 2 Lomba Debat/Diskusi PCTA Perguruan Tinggi se Jawa Tengah

0
447

SEMARANG – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) kembali meraih prestasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kali ini, tim debat Unimus berhasil meraih juara II dan Juara Harapan dalam Lomba Debat/Diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tingkat SLTA/Sederajat dan Perguruan Tinggi Se-Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan RI di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada 1-2 Juni 2016 lalu.
Tema lomba debat PCTA adalah “Dengan Cinta Tanah Air Akan Tercipta Generasi Muda Indonesia yang Mampu Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”.
Menurut Meidi Saputra, pendamping tim debat Unimus, dalam lomba itu Unimus mengirim dua tim (Tim A dan Tim B) yang terdiri atas empat mahasiswa, yaitu Armanto Abas (Kesehatan Masyarakat 2013), Yani Magfiroh (Teknologi Pangan 2014), Yoga Wahyu Murti Utomo (Teknik Mesin 2013) dan Ira Handayani (Ilmu Gizi 2013).
Kompetisi yang diikuti 32 tim ini dibagi dalam tiga babak, yakni babak penyisihan, semifinal dan final. Dari 32 tim itu dipilih 8 tim untuk maju ke babak semifinal. Kemudian dari 4 tim tadi dipilih empat tim terbaik untuk bertanding di babak final.
“Pada babak final, tim yang masuk 4 besar mendiskusikan peran mahasiswa sebagai agent of change dalam menyiapkan diri guna menghadapi MEA,” kata Meidi, Senin (2/6/2016).
Meidi mengaku senang dan bangga atas prestasi yang diukir mahasiswa Unimus. Ia berharap mahasiswa Unimus dapat terus meningkatkan prestasi dalam lomba ini maupun berbagai kompetisi lainnya di masa mendatang. (m jumai)