UMS Tandatangani MoU dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud

0
293

SURAKARTA – Universitas Muhammadiyah Surakarta melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di auditorium Muh. Djazman, Universitas Muhammadiyah Surakarta, beberapa waktu yang lalu. Nota Kesepahaman Bersama ditandatangani oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prof. Dr. Bambang Setiaji, dan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. Dr. Mahsun M.S. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum., beserta jajarannya.
Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama tersebut dilaksanakan dalam rangka pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra Indonesia, peningkatan pengetahuan dan kemampuan berbahasa Indonesia, serta peningkatan apresiasi sastra. Maksud dan tujuan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama tersebut adalah (1) meningkatkan mutu penggunaan bahasa Indonesia di kalangan mahasiswa, (2) mengembangkan sikap positif mahasiswa terhadap bahasa Indonesia, (3) membina dan mengembangkan bahasa dan sastra di daerah, (4) mendorong apresiasi mahasiswa terhadap sastra Indonesia.
Acara tersebyt akan ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan kerja sama yang melingkupi bidang pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra Indonesia. Selanjutnya, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menjadi pelaksana teknis kegiatan kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penandatanganan tersebut diharapkan kegiatan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra dapat terlaksana dengan baik dan terarah. Selain itu, program kerja sama dapat ditindaklanjuti dengan bentuk lain, seperti pelatihan, penelitian, praktik kerja lapangan, peningkatan mutu tenaga kebahasaan dan kesastraan, pertemuan kebahasaan dan kesastraan, publikasi/penerbitan karya ilmiah kebahasaan dan kesastraan, dan penyelenggaraan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi civitas akademika Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Fakhrudin/balai bahasa propinsi jateng)