UMP Wisuda Daring Lewat TV Digital Komunitas

0
42
UMP Wisuda Daring Lewat TV Digital Komunitas

PWMJATENG.COM, BANYUMAS – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah membuat terobosan baru dalam pelaksanaan wisuda secara daring pada Sabtu (26/09/2020). Terobosan yang menjadi fenomena baru di Indonesia tersebut dimungkinkan dengan hadirnya TV Komunitas yang dikelola oleh UMP yaitu UMP Tv.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho mengatakan, wisuda periode kali ini untuk pertama kalinya bagi UMP hanya dihadiri 12 orang wisudawan dari 11 fakultas yang ada, karena wisuda dilakukan secara virtual.

“Ini menjadi wisuda virtual pertama di masa pandemi. Sejumlah 12 mahasiswa tersebut mewakili 1.219 orang wisudawan dari 11 fakultas dan program pascasarjana yang hanya dapat mengikuti prosesi wisuda melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung di UMP TV,” katanya.

Rektor menjelaskan, dalam situasi prihatin karena adanya wabah Covid-19 ini, maka semua lini kehidupan mau tidak mau harus berubah mengikuti adaptasi kebiasaan baru, tak terkecuali UMP dalam melaksanakan wisuda kali ini,” katanya.

Dalam hal ini, wisudawan yang hadir hanya dibatasi sebanyak 12 orang. Wisudawan tersebut mewakili masing-masing fakultas di UMP yang berjumlah 12 fakultas. ”Namun untuk anggota senat universitas, semuanya hadir,” jelasnya.

Wakil Rektor I UMP Bidang Akademik, Dr Jebul Suroso, menambahkan perwakilan 12 mahasiswa yang mengikuti upacara wisuda di UMP, dipilih dari kalangan wisudawan yang tempat tinggalnya paling dekat dengan kampus UMP. “Mereka telah diperiksa kesehatannya. Termasuk orang tuanya yang kita undang,” katanya.

Mengenai jumlah wisudawan, Dr Jebul mengungkapkan seluruhnya ada sebanyak 1.219 orang. Dari jumlah tersebut, yang mendapat predikat cumlaude sebanyak 419 wisudawan yang berasal dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan ada sebanyak 285 orang, dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis ada 160 orang.

Kemudian, dari Fakultas Teknik dan Sains ada 128 orang, Fakultas Pertanian 29 orang, Fakultas Ilmu Agama Islam 40 orang, Fakultas Psikologi 108 orang, dan Fakultas Farmasi sebanyak 91 orang.

Selain itu, juga dari Fakultas Sastra sebanyak tiga orang, FakultasHukum 39 orang, Fakultas Ilmu Kesehatan dari program strata 1 dan diploma 3 ada 255 orang, dan Fakultas Kedokteran ada sebanyak 47 orang. ”Selain itu, juga ada wisudawan dari program pascasarjana sebanyak 34 orang,” pungkasnya.(tgr)