UMP Kembangkan Program KKN Internasional Ke Malaysia

0
648

PWMJATENG.COM, PURWOKERTO – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) pada periode ini telah mengembangkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional ke negara Malaysia.

Tujuan program KKN UMP dilaksanakan di Malaysia, dan tiga Kabupaten. “Pada periode ini pelaksanaan KKN terbagi menjadi tiga kelompok yakni KKN Internasional di Malaysiya bekerjasama dengan UTM, KKN Muhammadiyah di Sumatra Selatan dan KKN Regulier di lima Kabupaten,” ujar Wakil Rektor IV UMP, Dr. Jebul Suroso, M.Kes, Selasa (25/07/2017) di pendapa Kecamatan Sumpiuh.
Diungkapkannya, penerimaan mahasiswa KKN UMP tahun 2017 di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Cilacap. Sementara pelaksanaan penerimaan mahasiswa KKN untuk Kabupaten Banyumas diadakan di Pendapa Kecamatan Sumpiuh.

“Peserta KKN Kabupaten Banyumas berjumlah 188 tersebar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Tambak, Kecamatn Sumpiuh dan Kecamatan Kemranjen,” katanya.

Diungkapkannya, Jebul mahasiswa peserta KKN yang khas di UMP adalah sudah lulus baca Al Quran.

“Hal yang sederhana adalah memanfaatkan potensi yang ada, misalnya memanfaatkan handphone android yang dimiliki mahasiswa untuk mendokumentasikan tempat yang menarik yang bisa menjadi destinasi wisata, sehingga menjadi populer. Itu adalah salah satu program kkn yang bisa menjadi luar biasa,” ungkapnya.

Menurutnya, kreativitas yang dimiliki, dikemas dan dilengkapi dengan dukungan teori akan menjadi sebuah produk yang mempunyai nilai ekonomi dan branding yang tinggi.

Semenara itu Bupati Banyumas melalui Kadinsos Permades, Abdullah Muhammad, SH.M.Hum, mengucapkan terima kasih.

Menurutnya, KKN merupakan salah satu cara strategis untuk meningkatkan rasa empati mahasiswa terhadap masyarakatnya sekaligus meningkatkan kreativitas mahasiswa yang dinamis.

“Kita membantu mmeberdayakan masyarakat. Di sisi lain mahasiswa kkn dapat membantu kelompok masyarakat yang lemah agar menjadi masyarakat yang berdaya,” pesan Abdullah. (tgr)