UMP Kembali Dipercaya DPW PATELKI Jawa Tengah Gelar Seminar Ilmiah Kaji Peran Teknologi Laboratorium Medik

0
34

PWMJATENG.COM, PURWOKERTO – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali dipercaya oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) Jawa Tengah dalam menggelar seminar ilmiah bertajuk Peran Teknologi Laboratorium Medik Menyongsong Era 4.0di Hotel Grand Karlita Purwokerto beberapa waktu lalu.

Gelaran seminar ilmiah menghadirkan berbagai narasumber yang ahli dalam bidangnya. Antara lain, ketua DPP PATELKINS. Widodo, S.Pd., M.Kes dengan membawakan materi tentang Standarisasi Profesi dan Kewenangan ATLM dalam Penyelenggaraan Laboratorium Klinik. Dokter RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo dr. Vitasari Indriani, Sp.PK., M.M., M.Si.Med membawakan materi Manajemen Resiko Laboratorium Klinik.

Narasumber lainnya adalah ketua DPW Jateng PATELKI Dr. Budi Santosa, S.K.M, M.Si.Med, yang membawakan materitentang Tantangan ATLM di Era Digitalisasi dan Moderenisasi Revolusi Industri 4.0, dan Wakil Ketua 2 PATELKI Jawa Tengah Margono, S.ST, M.Kes menyampaikan materi Imprementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Instalasi Laboratorium Medik.

Dosen Teknologi Laboratorium Medik (TLM) Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UMP Arif Mulyanto SSi MSi mengungkapkan, UMP menjadi salah satu sponsor utama kegiatan tersebut.

“Sejumlah mahasiswa TLM D4 Fikes UMP juga mendapat kepercayaan untuk membantu seminar ilmiah tersebut. Ada dua mahasiswa yakni Fakhri Zulia Adam bertugas sebagai MC dalam bahasa Indonesia dan Azzah Aida Fadhilah menyampaikan dalam bahasa Inggris,” jelasnya.

Selain itu sebanyak 18 mahasiswa bertugas sebagai tim paduan suara dalam menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars PATELKI. Serta sebanyak empat mahasiswa yakni Ovi, Awit, Anis dan Sinta bertugas mengisi hiburan dengan mempersembahkan dua tarian yaitu tari Gambyong Banyumasan dan tari Sesonderan.

Agar penampilan mahasiswa baik, mereka berlatih selama satu bulan di bawah bimbingan dosen TLM Tantri Analisawati Sudarsono, M.Sc dan Arif Mulyanto, M.Si. Acara tersebut di buka oleh Kepala Dinas Kesehatan Banyumas Sadiyanto, S.K.M, M.Kes, dan diikuti oleh lebih dari 480 Peserta dari Jawa Tengah,” tutup Arif. (tlm/tgr)