Umat Islam Jenawi Serahkan Pengelolaan SDI Darul Falah kepada Muhammadiyah

0
506

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – Seiring dengan perkembangan Dakwah Islam di Kecamatan Jenawi telah berdiri Sekolah Dasar Islam (SDI) Darul Falah di Desa Balong yang diprakarsai umat Islam se-Kecamatan Jenawi. Sekolah Dasar Islam Darul Falah saat ini menempati tanah dalam proses Wakaf milik H. Sunaryo.

Bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Karanganyar, Rabu (8/2/2017) panitia pendiri yang terdiri dari 10 orang dengan didampingi Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Jenawi menghadap Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar untuk bergabung dengan Persyarikatan Muhammadiyah dengan maksud agar segera mendapatkan ijin operasional.

“Panitia pendiri berkeinginan menggabungkan sekolah ke Muhammadiyah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat Jenawi. Muhamammadiyah adalah lembaga yang berpengalaman dalam bidang pendidikan”, ujar Djuhdi ketua Pembangunan SD Islam Darul Falah dihadapan ketua PDM Karanganyar beserta seluruh jajaran Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen).

Dalam sejarahnya SDI Darul Falah berdiri pada tahun 2015 dengan lokasi pertama menumpang tempat di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jenawi pada tahun ajaran 2015/2016 mendapat 10 siswa. Pada bulan Ramadhan tahun 2016 dibangun 3 ruang kelas, dengan rencana 3 lantai dan mendapat siswa pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 21 siswa dari lulusan TK Islam diwilayah Kecamatan Jenawi dan Kecamatan Sambirejo Sragen, sehingga praktis tahun ajaran 2016/2017 siswanya berumlah 31 siswa dengan tenaga guru lulusan Pendidikan S1 Keguruan sebanyak 5 orang.

Ketua PDM bidang Dikdasmen H. Suriyanto berharap agar PCM Jenawi ikut mengawal bergabungnya SDI Darul Falah dengan Muhammadiyah, selanjutnya untuk persyaratan administrasi baik tentang perizinan dan pengurusan wakaf tanah dan bangungan segera mungkin diselesaikan agar ijin operasional segera turun sebagai syarat legalitas SDI Darul Falah.

Sementara itu Ketua PDM Karanganyar, Muh Samsuri, menyampaikan bahwa nama yang disepakati nantinya adalah SD Muhamadiyah Darul Falah Jenawi. “……. ini sudah disepakati bersama antara Muhammadiyah dan masyarakat Islam Jenawi melalui panitia pendiri” kata Muh. Samsuri. (MPI PDM Kanranganyar – JOe/sumber : PCM Jenawi)